Kereta Batara Kresna Solo – Wonogiri

Sudah lama sekali sebenarnya saya ingin mencoba Kereta Batara Kresna ini. Belum jadi-jadi karena trayeknya Solo-Wonogiri. Lha mau ngapain ya di Wonogiri? hahaha. Namun, pada bulan November 2017 kemarin akhirnya saya bisa mencoba kereta ini karena ada tujuan, yaitu kondangan ke teman saya si Fajar, yang rumahnya di Wonogiri.

Kereta Batara Kresna beroperasi dengan rute Stasiun Purwosari – Stasiun Wonogiri dengan trayek 2 kali sehari. Berhenti di Stasiun Solo Kota, Sukoharjo dan Pasarnguter. Pernah mangkrak di tahun 2013, kereta ini pun beroperasi kembali pada tahun 2015. Nama Batara Kresna berasal dari tokoh Mahabarata, Krishna atau Kresna yang bertugas menyelamatkan dunia dan menegakkan kebenaran.

Kereta ini sering disebut juga dengan railbus karena jalurnya yang menyatu dengan jalan raya di Kota Solo. Railbus kedua di Indonesia setelah railbus Kertalaya di Sumatera Selatan. Mirip di negara eropa ya? wkwk

KA Batara Kresna di Jalan Slamet Riyadi Solo (Sumber: SoloPos)

Pagi-pagi kami sudah bergegas ke Stasiun Purwosari untuk membeli tiket keberangkatan jam 8 pagi menuju Wonogiri. Takut kehabisan tiket, mengingat saat itu adalah akhir pekan yang biasanya ramai. Ya, pembelian tiketnya masih seperti kereta lokal Prameks yang harus dibeli di loket stasiun, belum bisa dibeli secara online.

Setelah mendapatkan tiket seharga Rp 4.000 dengan tujuan akhir akhir Stasiun Wonogiri saya dan teman-teman berkeliling di sekitar stasiun mencari sarapan untuk menunggu keberangkatan jam 08.00. Keberangkatan kedua dari Stasiun Purwosari.

KA Batara Kresna jam 08.00

Kereta terdiri dari 3 gerbong dan berjalan pelan melewati tengah-tengah pemukiman warga dan Jalan Raya Slamet Riyadi hingga Stasiun Solo Kota. Sistem pembagian tempat duduknya adalah siapa cepat dia dapat, tidak menggunakan penomoran tempat duduk. Namun tidak perlu khawatir jika tidak mendapat tempat duduk, karena dalamnya bersih dan nyaman.

Suasana di dalam gerbong KA Batara Kresna
KA Batara Kresna melewati jalanan Kota Solo

Dari Stasiun Solo Kota menuju Stasiun Sukoharjo kereta berjalan lebih cepat dan kita mulai disuguhkan dengan pemandangan sawah yang hijau membentang. Bisa digunakan untuk terapi mata bagi yang setiap hari berkutat dengan bangunan-bangunan perkotaan.

Kereta melintasi daerah persawahan

Dari Sukoharjo menuju Wonogiri kita akan disuguhkan dengan pemandangan pedesaan dan pegunungan kerena rel kereta di Wonogiri terletak di kaki Gunung Gandul.

Stasiun Wonogiri
Yudhi, Lisna, Hannif dan Bapak Kondektur
Area depan Stasiun Wonogiri

Sampai di Stasiun Wonogiri, kesan pertamanya adalah sepi bangettt, hahaha. Kebetulan saat itu di sana sudah agak siang, jadi mataharinya lumayan terik, mungkin jika menggunakan kereta keberangkatan pertama (jam 4 pagi) akan lebih sejuk di sini.

Kereta Batara Kresna hanya berhenti sekitar 15 menit di stasiun ini kemudian berangkat kembali ke Solo.

Area depan Stasiun Wonogiri adalah terminal bis dan angkot yang siap mengangkut penumpang untuk melanjutkan ke Wonogiri kota. Kami pun berhenti sejenak untuk jajan di warung gorengan ibu-ibu di dekat terminal, kemudian melanjutkan dengan angkutan umum colt diesel menuju tempat pernikahan Fajar.

***

Mungkin itu sedikit cerita pengalaman saya menggunakan jasa transportasi kereta api dari Solo ke Wonogiri. Saya merupakan salah satu yang paling suka jika ada jalur kereta yang tadinya mati suri kemudian dihidupkan lagi dan kemudian bisa digunakan oleh masyarakat. Karena dengan kereta selain murah juga bisa menghindari macet di jalan raya. Selain itu juga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut. Wonogiri yang mempunyai potensi wisata seperti Waduk Gajah Mungkur ini sayang sekali jika tidak ada transportasi yang menunjang untuk menuju ke sana.

Wajib dicoba deh jika mau mengunjungi Wonogiri :D.

๏ 53 readers

3 Replies to “Kereta Batara Kresna Solo – Wonogiri”

  1. Waktu itu jalannya sempat tersendat nggak mas? Katanya banyak kendaraan yang parkir sembarangan di atas rel karena dikira relnya udah nggak aktif. ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *