Tren membeli sebuah barang kini sudah mulai bergeser dari offline ke online. Termasuk barang  seperti sepeda. Toko sepeda online kini semakin mudah ditemukan. Kita tahu bahwa fasilitas belanja online memang semakin mudah diakses. Toko-toko online memberikan penawaran produk yang semakin lengkap. Tak hanya produk pakaian dan kelengkapan fashion, toko online juga menawarkan produk sepeda dengan beragam jenis.

Anda bisa menemukan produk sepeda fixie, sepeda gunung, sepeda BMX, bahkan sepeda anak-anak di toko online. Bagi Anda yang ingin membelikan anak Anda sepeda baru dan tidak punya cukup waktu untuk pergi ketoko sepeda, langsung saja beli sepeda secara online. Beli sepeda online memang menjadi solusi tepat bagi Anda yang tak sempat beli secara langsung.

Anak-anak membutuhkan perhatian kedua orangtuanya agar mereka bisa bertumbuh dan berkembang dengan optimal. Aktivitas fisik dibutuhkan agar pertumbuhan dan perkembangan anak bisa terjadi secara optimal sesuai dengan usianya. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan oleh anak-anak untuk mendukung pertumbuhannya adalah bersepeda.

Tips Mengajari Anak Bersepeda

Setiap anak tentu akan mengalami saat pertama kali naik sepeda. Mereka membutuhkan waktu untuk bisa bersepeda dengan lancar. Di sinilah letak peran orang tua, yaitu mendampingi anak belajar bersepeda. 

Berikut adalah beberapa tips mengajari anak bersepeda :

  1. Pakai Perlengkapan

Pakaikan peralatan yang lengkap kepada anak saat akan mulai bersepeda. Biasakan anak untuk memakai helm, sepatu, pelindung lutut, dan pelindung siku saat akan bersepeda. Karena mereka baru akan belajar untuk pertama kali, maka mereka mungkin akan sering jatuh jadi perlindungan harus diberikan untuk melindungi saat anak terjatuh.

  • Gunakan Roda Bantu

Pasangkan roda bantu pada sepeda anak. Anak mungkin masih kesulitan untuk menjaga keseimbangan dan bersepeda dengan memakai sepeda roda dua. Lebih baik pasangkan roda bantu supaya anak bisa belajar dulu bagaimana caranya menguasai sepeda baru kemudian lepas roda bantu setelah anak lancar bersepeda.

  • Berikan Motivasi

Jangan lupa untuk selalu memberikan motivasi kepada anak agar mereka semangat belajar bersepeda. Katakan hal-hal yang bisa membuat semangat mereka untuk belajar naik sepeda meningkat. Kalau perlu Anda bisa memberikan hadiah-hadiah kecil kepada mereka jika mereka mau belajar naik sepeda dengan penuh semangat.

  • Biarkan Anak Mencoba Sendiri

Jangan terus-terusan memegang sepeda anak saat mereka belajar bersepeda. Anda harus membiarkan anak untuk mencoba sendiri. Jangan ragu, jika Anda ragu maka anak juga akan ragu dan takut. Berikan kepercayaan kepada anak untuk mencoba bersepeda sendiri karena mereka pasti akan berusaha semaksimal mungkin jika diberi kesempatan.

  • Jangan Panik saat Anak Jatuh

Ketika belajar bersepeda, pasti anak akan terjatuh. Hal ini sangat wajar, jadi orang tua sebaiknya tidak panik saat anak terjatuh dari sepeda.Jika Anda panik, anak justru akan semakin takut. Lebih baik Anda tetap tenangdan bantu anak untuk bangkit kembali. Katakan kepada anak bahwa tidak apa-apa terjatuh karena mereka bisa mencoba kembali dengan lebih hati-hati.

Itulah tadi beberapa tips mengajarkan bersepeda kepada anak. Sebelum mengajarkan bersepeda, pilihkan sepeda yang tepat untuk anak. Anda bisa beli sepeda online untuk anak di toko online Bukalapak. Bukalapak menawarkan produk sepeda dengan berbagai macam jenis dan Anda bisa menemukan penawaran harga terbaik di sini. Beli sepeda online di Bukalapak dijamin akan menguntungkan dan memuaskan.


๏ 13 readers