Candi Prambanan tidak bisa dipungkiri merupakan salah tempat wisata yang sangat populer jika berbicara tentang Yogyakarta.

Bisa jadi hampir semua orang, terutama di tanah jawa sudah berkunjung ke candi ini. Ya, candi yang terletak di pinggir provinsi Yogyakarta (bahkan sudah masuk wilayah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah).

Tapi saya punya satu tips menarik jika ingin merasakan pengalaman baru untuk menikmati tempat wisata yang memang sudah mainstream ini. Berkunjunglah di pagi hari!


di Candi Prambanan bersama teman-teman
di Candi Prambanan bersama teman-teman

Berdasarkan pengalaman saya di bulan April lalu, objek wisata ini sudah buka mulai jam 6 pagi. Kebetulan waktu itu, saya naik bis malam dari Bandung dan turun di dekat Masjid Prambanan yang ada di seberang kawasan candi.

Setelah sholat subuh dan sarapan gudeg, barulah masuk. Satu tips lagi, ternyata kita bisa mendapatkan diskon untuk masuk ke tempat wisata ini, jika satu rombongan lebih dari 20 orang.

Hasilnya? Nih.

Kawasan masih sepi di pagi hari
Kawasan masih sepi di pagi hari
Langit pun masih sangat biru
Langit pun masih sangat biru

Jangan lupa juga untuk berkunjung ke Candi Sewu, lokasinya di sebelah utara dari komplek utama yang berjarak sekitar 500 meter, karena ga kalah menawannya.

Selain lokasinya yang berdekatan, Candi Sewu juga punya hubungan historis yang sangat kuat dengan Candi Prambanan jika menilik cerita tentang Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso.

Komplek Candi Sewu
Komplek Candi Sewu
Di sini pun masih sepi
Di sini pun masih sepi
@ariffsetiawan


→ 217 readers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *