Nasi Pecel Bu Dwi salah satu yang lumayan populer di daerah Jogja. Salah satunya mungkin karena resep yang sudah turun temurun dari tahun 1962.

Lokasinya ada di Jalan Gajah Mada No 15, Purwokinanti, Pakualaman, Yogyakarta.

Nasi Pecel Madiun memang saya akui salah satu yang paling enak di kalangan perpecelan duniawi. Khasnya dengan sayur mlandingan di atasnya. Kuliner ini tentunya sangat familiar bagi masyarakat Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Pecel sendiri banyak macamnya. Konon pecel dikenalkan saat Ki Gede Pemanahan menjamu Sunan Kalijaga dengan sajian aneka jenis sayuran bersama saus kacang atau biasa disebut bumbu kacang itu.  

Pecel biasanya terdiri dari berbagai jenis sayuran seperti bayam, kacang panjang, kecambah, serta tambahan bunga turi yang disiram dengan bumbu. Dalam perkembangannya, pecel memiliki banyak inovasi dalam komposisinya, seperti isian sayur dan penggunaan aneka kacang dalam bumbu pecel. 

Bumbu inilah biasanya yang membedakan antara penjual satu dengan yang lainnya. Bumbu ini biasanya diracik dari kacang tanah sangrai ataupun goreng lalu dihaluskan dengan bumbu lain seperti bawang putih, gula, garam dan rempah lainnya.

Nasi Pecel Bu Dwi
Nasi Pecel Bu Dwi

Nasi Pecel Bu Dwi Asli Madiun ini sangat cocok untuk menu sarapan. Selain terkenal enak, sayurnya segar, harganya pun ramah di kantong. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk menu makan siang, karena porsinya lumayan banyak.

Ada beberapa pilihan komposisi nasi pecel di sini. Dari nasi pecel telur dadar, nasi pecel telur ceplok, nasi pecel telur asin, nasi pecel tahu bacem, nasi pecel ayam, nasi pecel bandung, nasi pecel martabak dan sebagainya.

Nasi Pecel Ayam, Nasi Pecel Telur Ceplok + Kerupuk + Gorengan + Es Teh
Nasi Pecel Ayam, Nasi Pecel Telur Ceplok + Kerupuk + Gorengan + Es Teh

Saya sendiri mencoba menu nasi pecel ayam, nasi pecel telur ceplok, lengkap dengan kerupuk, tempe goreng dan es teh + es jeruk. Mantap!

Untuk harga, satu porsi nasi pecel di sini dibanderol dengan harga Rp 12.000 belum tanpa lauk. Jadi jika nasi pecel telur jadinya Rp 17.000 + es tes Rp 3.000, jadi pas Rp 20.000. Selain pecel, di sini juga tersedia nasi rawon (Rp 20.000) dan nasi rames (Rp 10.000). Tinggal pilih saja sesuai selera.

Kondisi tempat makannya pun nyaman dan bersih. Membuat tidak segan untuk makan di tempat. Meja dan kursi kayu serta cat dinding putih dengan campuran ornamen foto makanan dan beberapa penghargaan pun menjadi semakin membuat yakin untuk mencoba menunya. Parkiran juga enak, karena letaknya bukan di pinggir jalan utama yang sangat ramai.

Kalau di Bandung ada Pecel Madiun Hariangbanga, maka di Jogja ada Nasi Pecel Madiun Bu Dwi ini. Selamat mencoba!


Harga

Harga menu di warung makan ini mulai dari Rp 12.000 belum termasuk lauk tambahan.

Lokasi 

Jl. Gajah Mada No.15, Purwokinanti, Pakualaman, Yogyakarta 55166.

Jam Buka

Warung makan ini buka setiap hari dari jam 06.00 – 16.00 WIB.


→ 19 readers

About the author

📝 blogger ⚡software engineer — working remotely

Leave a Reply

Your email address will not be published.