Usaha pempek yang diawali dari Palembang sepertinya sudah biasa ya, tetapi berbeda dengan Pempek Ny. Kamto yang dimulai sejak tahun 1984 justru di Yogyakarta.

Warung pempek ini awalnya dirintis oleh Ibu Hells Pertiwi Roeswati di Jalan Beskalan No. 3 Yogyakarta dalam bentuk ruang tamu berukuran 3 x 3 meter dan berkembang terus hingga saat ini.

Sejarah Pempek Ny. Kamto
Sejarah Pempek Ny. Kamto

Sekarang warung pempek ini dikelola oleh generasi keduanya dan sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia, antara lain Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Bandung,  Purwokerto, Magelang dan Jakarta. Bahkan ada wacana untuk membuka cabang di Singapura, luar biasa. Warung kecil di Jalan Beskalan sekarang menjadi warung pusat.

Pempek Ny. Kamto di Magelang
Pempek Ny. Kamto di Magelang

Saya sendiri belum pernah berkunjung langsung ke warung pusatnya. Baru pernah mencicipi di cabang yang ada di Magelang, yang ada dalam Mall Artos. Ya, sekarang levelnya memang sudah ada di dalam mall dan sudah lebih cocok disebut rumah makan.

Pempek Ny. Kamto selalu ramai
Pempek Ny. Kamto selalu ramai

Untuk kategori bukan makanan berat, rumah makan ini yang di cabang Magelang pun selalu ramai oleh pengunjung. Selalu harus antri untuk memesannya.

Pempek Kapal Selam dan Pempek Kulit
Pempek Kapal Selam dan Pempek Kulit

Saya memesan menu wajib di sini, yaitu Pempek Kapal Selam dan Pempek Kulit, lengkap dengan mie dan timun. Selain dua jenis pempek itu masih banyak jenis lain yang bisa dicoba, karena di sini menyediakan menu Pempek Asli 10 Ulu Palembang.

Cuka Manis dan Pedas
Cuka Manis dan Pedas

Jangan heran jika menu pempek di sini mungkin akan sedikit berbeda dengan yang ada di Palembang karena sudah sedikit dimodifikasi menyesuaikan pasar. Yang sangat khas adalah adanya dua botol cuka dengan warna berbeda yang masing-masing berlabel manis dan pedas, yang mungkin tidak akan ditemukan di warung pempek lain.

Minumannya saya memesan Es Teh Tawar untuk mengimbangi rasa pedas dari cukanya.

Untuk harganya, karena sudah masuk ke mall jadinya sudah cukup mahal menurut saya. Untuk satu Pempek Kapal Selam dihargai Rp 18.000, sedangkan untuk Pempek Kulit dihargai Rp 10.000. Ya, untuk porsi makanan sepeti ini di Magelang termasuk harga yang tinggi.


Bagi kalian orang Palembang mungkin barus coba menu pempek di sini ya dan bisa kasih pendapat apakah masih masuk dalam kaidah dunia pempek atau tidak meskipun sudah dilakukan sedikit modifikasi.


Harga

Harga menu di rumah makan ini mulai dari Rp 10.000.

Lokasi 

Artos Mall, Jl. Mayjen Bambang Soegeng, Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah 56172.

Jam Buka

Rumah makan ini buka setiap hari dari jam 10.00 – 21.30 WIB.


→ 86 readers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *