Bisnis adalah Tentang Produk dan Customer Service

Saya ini orangnya ga pernah yang namanya kerja di tempat yang namanya korporasi, dari sejak lulus kuliah hingga sekarang ya jadi kutu loncat dari mulai institusi pendidikan dan startup.

Tapi menurut saya sama saja si. Antara korporasi dan non-korporasi intinya satu, yaitu bisnis. Dan yang namanya bisnis baik itu produk dan atau jasa pastinya  menjual yang namanya suatu ketersediaan, atau mungkin bahasa kerennya availability,  ya ndak?

Konsumen bakal mau kembali memakai produk dan atau jasa kita jika kita dapat menjaga sebuah ketersediaan yang mereka butuhkan.

Untuk menjaga ketersediaan itu ada 2 aspek penting yang harus dijaga dan menjadi prioritas utama, yaitu Product Creation dan Customer Service, seperti yang pernah ditulis oleh Jon Westenberg.

Product Creation

Di lingkungan startup atau bisnis baru kita membutuhkan produk yang layak uji dan layak jual, sedangkan di lingkungan perusahaan yang sudah menguntungkan atau sukses kita dituntut untuk bisa menginvestasikan waktu untuk peningkatan kualitas produk dan membuat produk baru yang dapat memberikan nilai lebih kepada konsumen.

Customer Service

 Tentu saja hal ini tentang bagaimana kita memperlakukan konsumen kita.

For your business, it could mean checking in with your customers in person instead of using another one of those Godless “personalised” EDM campaigns.

Ga sedikit bisnis yang melakukan kesalahan-kesalahan tentang customer service. Seperti bagaimana membiasakan untuk membuat konsumen senang, mempunyai pengalaman pribadi yang nyaman dan bagaimana kita bisa melakukan lebih dari ekspektasi mereka. Padahal hal-hal seperti itu akan sangat bisa mempengaruhi pamor sebuah bisnis.

***

Menurut saya, hal-hal seperti ini sangatlah perlu diperhatikan untuk membangun sebuah budaya bisnis, baik saat kita sedang membuat bisnis baru maupun sudah mempunyai bisnis yang menguntungkan atau bahkan saat kita masih bekerja untuk korporasi.

Great customer service is useless without a product to support. And a great product is useless without great customer service to ensure that the people paying for what you’re selling out the back of a truck are enjoying it instead of wishing they could get a refund instead of spending hours trying to find your fax number.

Source : Medium, ShoutAwards

๏ 51 readers

Leave a Reply