Warung Makan Murah dan Halal di Ubud

by:

Culinary

Mencari warung makan murah dan halal di Ubud atau di Bali pada umumnya tidaklah semudah yang saya kira. Pilihannya antara sedikit mahal atau memang tidak ada label halalnya. Sedikit tidak mudah bagi kalian yang memang uang sakunya pas-pasan saat liburan ke Bali, hahaha.

Dan lucunya juga, setelah saya amati memang tidak banyak terlihat warung nasi rames atau warteg atau warung nasi padang atau kedai bakso mie ayam di sini. Mungkin sedikit lebih banyak jika di daerah Denpasar atau dekat dengan pelabuhan, tetapi di daerah yang lebih ke dalam memang bisa dibilang jarang. Berbeda dengan di Pulau Jawa yang memang, yang hampir di setiap sudut jalan tidaklah susah untuk ditemukan.

Warung Makan Murah Halal di Ubud

Setelah beberapa hari tinggal sejenak di sini akhirnya saya menemukan beberapa alternatif untuk pilihan warung makan murah dan halal di Ubud. Sebagai orang dengan lidah Jawa otomatis langsung tergoda untuk mampir, ketika mulai hafal dengan rasa hidangan lokal karena dibombardir beberapa hari dengan nasi campur Bali.

Beberapa yang saya temukan antara lain.

Warung Surabaya

Warung Surabaya, salah satu warung makan murah dan halal di Ubud
Warung Surabaya, salah satu warung makan murah dan halal di Ubud

Meskipun saya tidak menemukan warteg, tetapi saya menemukan warung nasi rames di sini. Namanya ternyata Warung Surabaya. Lokasinya ada di Jl. Raya Andong No.11, Peliatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571.

Pilihan menunya beragam
Pilihan menunya beragam

Menu yang disajikan adalah nasi rames dengan khas Jawa Timur, sedikit berbeda dengan warteg. Kombinasi nasi, beberapa sayur dan lauk atau pecel. Namun, untuk harganya hampir mirip-mirip. Mulai dari Rp 12.000-an satu porsinya. 

Rumah makan dengan khas kursi dan meja kayu
Rumah makan dengan khas kursi dan meja kayu

Dari segi tempatnya menurut saya lebih rapi sedikit dibandingkan warteg, lebih cenderung ke rumah makan dengan khas kursi dan meja kayu.

Warung Bandung Kantin Sunda

Warung Bandung Kantin Sunda, salah satu warung murah dan halal di Ubud
Warung Bandung Kantin Sunda

Yang satu ini lebih ke warung pinggir jalan banget. Saya belum sempat mencobanya, hanya sempat melihat dari seberang jalan. Lokasinya ada di seberang jalan Warung Surabaya. Sama-sama berada di Jl. Raya Andong.

Namun, dari bentuknya bisa dipastikan jika harganya murah meriah. Menunya seperti nasi uduk, nasi kuning, bubur ayam, karedok dan hidangan khas sunda dengan lalapannya.

Warung Madiun

Warung Madiun, salah satu warung makan murah dan halal di Ubud
Warung Madiun

Warung ini adalah warung dengan harga paling murah yang saya temukan di Ubud. Lokasinya ada di Jl. Raya Pengosekan, MAS, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571.

Warungnya sangat sederhana
Warungnya sangat sederhana
Pecel Madiun + Nasi Rames
Pecel Madiun + Nasi Rames

Di warung ini kita masih bisa memesan nasi pecel dengan harga kurang dari Rp 10.000. Pecelnya pecel khas Madiun. Terdapat juga pilihan nasi rames, tetapi tidak terlalu lengkap. Dari tampilannya tak heran jika warung ini selalu ramai, haha.

Warung Ijo

Warung ini lebih mudah ditemukan karena ada di jalan utama kawasan Ubud, tepatnya di Jl. Raya Ubud No.35, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571.

Warung ini lebih mahal dan menunya lebih beragam dibandingkan dengan warung lainnya. Beberapa menu juga disajikan dengan hot plate. Menu seperti mie goreng, kwetiauw, cah kangkung, ayam goreng atau bakar dan berbagai pilihan hidangan lain tersedia di sini. Salah satu warung yang sudah ada label halalnya meskipun tidak terkesan warung kaki lima.


Itu saja yang kali ini bisa saya rekomendasikan tentang warung makan murah dan halal di Ubud. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kalian ketika ingin berhemat dan memastikan makan makanan yang halal ketika liburan atau bekerja di kawasan Ubud.

Mungkin ada yang mau menambahkan agar lebih banyak pilihannya? Silahkan ditambahkan di kolom komentar ya.


→ 28 readers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *