Soto Sinar Pagi Medan Sejak 1962

Tak jauh dari area Tugu Guru Patimpus dan Nol Kilometer Medan, ternyata ada rumah makan yang sudah melegenda di Medan. Namanya adalah Rumah Makan Sinar Pagi, yang terkenal akan Soto Medannya yang lezat.

Sudah ada sejak tahun 1962, rumah makan ini tidak pernah sepi dari pengunjung hingga sekarang. Konon Presiden ke-6 Indonesia SBY dan Miss Universe pun pernah makan soto di sini. Luar biasa.

Seperti rumah makan yang sudah melegenda lainnya, meskipun ramai pengunjung tapi rumah makan yang ada di Jl. Sei Deli No.2D Medan ini tempatnya tidak terlalu luas dan lokasinya tidak terlalu bisa menampung banyak kendaraan untuk parkir, haha.

Penampakan Depan RM Sinar Pagi

Meskipun menjual berbagai menu tetapi yang menjadi andalan di sini adalah Soto Medan. Soto di sini memiliki cita rasa lezat dengan kuah santan kental dan kaya rempah yang berwarna kuning kehijauan, disajikan bersama potongan daging sapi, perkedel, rempeyek dan sambal yang disajikan cukup unik, semacam sambal kecap dengan taburan bawang goreng.

Soto Medan Sinar Pagi

Nikmat sekali memang, apalagi disantap setelah melakukan perjalanan yang cukup jauh. Rasa rempah pada kuahnya cukup tebal dan langsung terasa ketika kita santap. Penggunaan rempah ini juga yang membuat cita rasanya jadi segar.

Soal harganya, untuk satu porsi soto medan ditambah dengan nasi adalah sekitar Rp 28.000. Untuk menu sarapan harian memang cukup mahal, tetapi untuk wisata kuliner harga segitu masih termasuk murah menurut saya, apalagi statusnya yang sudah melegenda.

Selain soto, Rumah Makan Sinar Pagi ini juga menyediakan sop, nasi pecal, lontong sayur dan gado-gado. Disediakan juga agar-agar dingin yang disajikan di dalam gelas terbalik sebagai pencuci mulut.

Memang ada-ada saja biasanya gimmick dari rumah makan yang sudah legendaris, tidak heran lah saya.

Suasana bagian depan RM Sinar Pagi
Suasana bagian belakang RM Sinar Pagi

Kurang lebih seperti itu suasana rumah makannya. Tidak pernah sepi dari pengunjung. Tipsnya adalah datang pagi-pagi sekali atau harap bersabar untuk antri, heheu.

Satu hal yang paling bikin saya agak kaget dan mungkin perlu kalian antisipasi adalah orang-orang di sini ngomongnya kenceng-kenceng banget kayak marah-marah, hahaha. Epic banget pokoknya lah. Welcome to Medan!


Bagi kalian yang akan ke Medan wajib dimasukkan ke to do list dan nyobain ini sotonya.

Selamat menikmati! 😀


Harga

Harga menu di sini adalah mulai dari Rp 28.000 per porsinya.

Lokasi

Jl. Sei Deli No.2D, Silalas, Kec. Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara 20236

Jam Buka

Rumah Makan Sinar Pagi buka setiap hari pukul 07.00 – 16.00 WIB


๏ 9 readers

2 Comments

  1. Langsung pesen nasinya 2, klo cuma 1 nda berasa 😁

Leave a Reply