travel, food and technology
Ace of Diamond

Tentang Serial Anime dan Indonesia

arifsetiawan
arifsetiawan
March 26, 2014

Akhir-akhir ini saya lagi doyan yang namanya nonton serial anime. Biasanya sambil makan malam atau saat weekend nontonnya.

Yang sekarang lagi ongoing dan diikuti si paling 3 anime ini, soalnya saya memang lebih cenderung suka ke anime yang genrenya sports.

Ace of Diamond
Ace of Diamond
Kuroko No Basket
Kuroko No Basket
Yowamushi Pedal
Yowamushi Pedal

Yang saya suka dari ngikutin serial anime kayak gini terutama pada genre sports adalah karena dengan nonton ini, sedikit banyak pengetahuan tentang olahraga yang diangkat sebagai isi ceritanya bakal secara otomatis bertambah.

Jadinya saya kagum saja sama orang-orang Jepang. Pasalnya mereka bisa membungkus pengetahuan seperti ini, terutama untuk anak-anak di Jepang sana mungkin, agar bisa mengenal misalnya aturan-aturan cabang olahraga dengan cara yang menyenangkan. Beberapa yang sering sekali diangkat adalah seperti olahraga baseball, basket, sepeda, sepakbola, renang, lari, badminton hingga olahraga yang tidak lebih populer seperti rugby, ice skating, dll.

Iya ga si?

Coba bandingkan dengan Indonesia. Gimana cara mendidik anak-anak buat tau masalah olahraga? Lewat guru olahraga di sekolah saja mungkin. Itu pun menurut saya lama-kelamaan bakal jadi hal yang membosankan.

Di Jepang, anime seperti ini biasanya ditayangkan di televisi setiap minggunya, bahkan ada stasiun tv yang memang khusus menayangkan serial anime ini.

Bagaimana di negara kita? Malah dibanyakin acara sinetron sama acara hiburan ga jelas yang asal penonton senang, pfft.

Berharap banget acara-acara tv di negara kita bisa bermanfaat untuk pendidikan.

@ariffsetiawan


→ 76 readers

arifsetiawan
  • 📝 blogger ⚡software engineer — working remotely

Random

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *