Dalam dunia website dan internet, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Captcha, suatu sistem yang digunakan untuk melindungi website dari serangan bot/spam dengan melakukan generate test yang mana hanya manusia yang bisa melewatinya.

Captcha ini bentuknya adalah uji tantangan (challenge-response test) yang digunakan dalam perkomputeran untuk memastikan bahwa jawaban tidak dihasilkan oleh suatu komputer. Proses ini biasanya melibatkan suatu komputer (server) yang meminta seorang pengguna untuk menyelesaikan suatu uji sederhana yang dapat dihasilkan dan dinilai oleh komputer tersebut. Karena komputer lain tidak dapat memecahkan CAPTCHA, pengguna manapun yang dapat memberikan jawaban yang benar akan dianggap sebagai manusia.

Biasanya berupa kombinasi dari huruf dan angka yang disusun sedemikian rupa, tetapi masih bisa terbaca oleh manusia untuk selanjutnya melakukan autentikasi.

Contohnya seperti ini :

Bermacam Captcha

Nah, hari ini saya dan Whe menemukan satu bentuk yang lumayan unik di bagian registrasi websitenya Bismania. Di sana akan ada sebuah Random Question yang bisa dikatakan termasuk sebagai captcha dengan beberapa isinya seperti ini. Soal cerita! :))))

Dan masih banyak lagi :))

Menurut saya itu captchanya sudah level yang paling tinggi, bahkan manusia pun (baca : kami) harus googling dulu untuk bisa menjawab pertanyaannya. Bakal aman banget websitenya :)).

Ada-ada aja.

Sebagai seorang yang hampir setiap hari berkutat dengan dunia website, baru kali ini saya menemukan hal unik seperti ini, heheu.

@ariffsetiawan


→ 221 readers

One thought on “Captcha Paling Unik yang Pernah Saya Temui”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *