Jika ditanya tentang wisata kuliner yang wajib dicoba di suatu daerah, saya jarang sekali merekomendasikan sebuah restoran atau tempat makan yang kekinian. Saya biasanya lebih memilih untuk merekomendasikan menu kuliner since atau kuliner yang sudah ada sejak lama, melegenda di daerah itu dan biasanya bentuknya bukanlah sebuah restoran.

Namun, kali ini sedikit berbeda. Karena restoran yang satu ini cukup unik dan yang jelas harganya tidak mahal banget dan masih termasuk wajar setara dengan apa yang ditawarkan. 

Kawasan Plataran Heritage Borobudur

Nama restorannya adalah Stupa Restaurant. Lokasinya di kawasan Plataran Heritage Borobudur, Magelang.

Terbilang unik karena untuk menuju ke sini memang butuh sedikit perjuangan. Berjarak sekitar 3 km dari lokasi Candi Borobudur, kita harus melewati jalanan desa yang kecil dan sedikit petunjuk menuju ke arah lokasinya. Menggunakan GPS pun saya sempat tersesat. Cukup menantang pokoknya, haha.


Kawasan Depan Plataran Heritage Borobudur

Sampai di lokasi, saya langsung disambut dengan pemandangan yang asik. Kombinasi antara bangunan lama jaman kolonial dengan area persawahan dilengkapi dengan beberapa stupa Candi Borobudur.

Melihat lokasi seperti ini, secara otomatis tangan langsung mengeluarkan handphone untuk foto-foto, hahaha.


Stupa Restaurant

Untuk restorannya sendiri bentuknya Joglo semi outdoor. Ada di sebelah bangunan utama yang merupakan sebuah hotel.

Menu makanan yang ditawarkan di sini tentu saja adalah masakan khas nusantara, mulai dari menu Ayam Geprak, Lontong Sayur, Ketan Lupis, Mendoan, dan masih banyak lagi. Minumannya pun beragam, mulai dari teh, kopi hingga jamu tradisional.

Kebetulan karena emang tujuannya ga makan besar di sini, saya hanya memesan sepaket mendoan dan tahu bacem ditemani dengan satu set teh sereh yang menggunakan gula batu. Mantaaap!

Sambil menikmati hidangan tradisional seperti ini kita bisa melihat langsung pemandangan yang apik dan menyegarkan di depan kawasan restoran ini. Yaitu hamparan sawah dan Bukit Menoreh yang sangat menyejukkan mata dan menenangkan hati. 

Karena tempatnya yang mungkin terlihat sedikit fancy, jadinya restorannya tidak terlalu ramai pengunjung. Tapi malah jadi enak menambah suasana syahdu dan namaste.  

Dan beruntunglah kami ketika berkunjung ke sini musimnya lagi pas, jadi hamparan sawahnya masih hijau sekali. Karena jika belum beruntung bisa saja ketika ke sini sawahnya sedang dipanen. Kan jadi kurang sip ya untuk dipandang.


Bagi kalian yang sedang mencari ketenangan, belum pernah atau sudah pernah ke daerah Magelang atau ke Candi Borobudur dan belum pernah ke restoran ini, saya sangat direkomendasikan untuk mencobanya. Saya jamin ga bakal menyesal. Karena bisa dimanfaatkan buat terapi mata dan pernafasan yang sudah sering terkena polusi udara kota besar.


Harga

Harga makanan dan minuman di sini bervariasi mulai dari Rp 14.000 hingga Rp 200.000.

Lokasi

Plataran Heritage Borobudur, Desa Karangrejo, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56553

Jam Buka

Stupa Restaurant buka setiap hari pukul 06.00 – 23.00 WIB


๏ 8 readers