Bepergian naik bus menjadi favorit bagi banyak orang. Saat harus keluar kota atau ketika mudik, terminal bus diserbu oleh para penumpang. Mereka bisa membeli ​tiket bus di dalam terminal maupun di biro perjalanan.

Bus diminati karena harga tiketnya terjangkau dan jangkauannya cukup luas. Ada bus antar kota yang sudah beroperasi di kota kecil seperti Kudus dan Purwokerto. Jika Anda ingin pergi dari Jawa Tengah ke Sumatera juga bisa menggunakan jasa bus.

Pilih bus ber-AC dan dilengkapi dengan toilet sehingga lebih nyaman. Bahkan ada bus yang meminjamkan selimut pada penumpang, karena perjalanan dilakukan saat malam.

Namun saat bepergian naik bus Anda harus bersabar karena banyak penumpang lain membawa bawaan yang banyak. Agar bagasi bus tidak penuh sesak, bawalah barang yang seperlunya saja.

Ini Cara Aman Saat Packing Sebelum Naik Bus

1. Gulung Baju

Kaos dan celana bisa Anda masukkan ke dalam tas atau koper dengan cara digulung. Mengapa tidak dilipat? Karena setelah digulung, ada lebih banyak tempat di tas sehingga bisa diisi barang lain. Baju yang dibawa juga tidak mudah kusut.

Jika Anda punya satu setel pakaian, tumpuk jadi satu, lalu gulung. Ikatlah dengan karet gelang. Jadi Anda tidak akan bingung saat mencari pasangan setelannya.

2. Barang Elektronik

Jika Anda membawa barang elektronik seperti laptop atau handphone, jangan letakkan di koper. Karena di dalam bagasi suhunya panas. Sehingga bisa merusak barang elektronik itu. Selain itu juga menghindarkan dari pencurian barang di bagasi.

Letakkan smartphone dan laptop dalam ransel atau tas selempang yang Anda pegang. Di dalam tas tenteng, simpan juga uang dan tiket bus.

3. Makanan

Apakah Anda ingin membawa makanan seperti keripik untuk oleh-oleh? Hati hati saat menaruh tas berisi makanan di bagasi, karena bisa tertumpuk oleh tas lain dan jadi remuk.

Simpan saja makanan itu di ransel sehingga bisa Anda pastikan keamanannya. Jika ada banyak oleh-oleh makanan yang ingin dibawa, kirim terlebih dahulu melalui jasa kurir. Sehingga bawaan Anda akan lebih sedikit dan tidak merepotkan. Jangan lupa untuk melapisi paketnya dengan bubble wrap agar lebih aman.

4. Uang

Di mana harus menyimpan uang? Jangan menaruh semua uang Anda di dalam satu dompet. Bagi menjadi 3 pos. Simpan dalam dompet, saku celana atau baju, dan bagian dalam tas ransel. Anda juga bisa meletakkan uang di dalam satu plastik bersama dengan tiket bus.

Mengapa harus dibagi? Karena jika hanya disimpan di satu tempat, misalnya dompet, khawatirnya akan mudah dicopet. Jika Anda punya uang cadangan, akan lebih aman.

5. Gembok

Koper anda tidak punya sistem keamanan berupa kombinasi angka? Pasang saja gembok kecil sehingga lebih aman. Jika membawa tas ransel, Anda juga bisa memasang gembok di sana.

6. Peralatan Mandi

Bawa juga peralatan mandi seperti sikat gigi dan handuk, walau nanti Anda akan menginap di hotel. Hal ini untuk berjaga-jaga seandainya hotelnya penuh atau Anda lupa tidak reservasi terlebih dahulu. Sehingga jika Anda menginap di motel kecil tanpa fasilitas handuk bersih, Anda tidak akan kerepotan.

Menikmati perjalanan dengan bus memang asyik. Dengan membayar tiket bus yang memakai AC maupun bus biasa, Anda bisa sampai ke tujuan dengan selamat dan tepat waktu.

Di mana Anda membeli tiket? Jika tidak sempat pergi ke terminal atau biro travel, klik saja website atau buka aplikasi Bukalapak. Kami menjual tiket bus, sehingga memudahkan Anda saat akan bepergian.

Tiket itu bisa Anda bayar via ATM atau via kasir minimarket. Perjalanan Anda makin mudah dengan membeli tiket bus, koper, peralatan mandi, dan barang lain di Bukalapak.


→ 1167 readers

One thought on “Ingin Bepergian Naik Bus? Baca 6 Tips Packing Aman Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *