Camera House Borobudur

Jalan-jalan saat pagi hari di daerah yang sejuk nan hijau untuk mendapatkan udara segar dan cuci mata merupakan hal yang sangat mudah dilakukan di pedesaan. Salah satunya di sekitar kawasan Candi Borobudur.

Menuju ke arah selatan dari kawasan candi tanpa tujuan pasti secara random saya menemukan satu bangunan rumah unik yang berbentuk seperti kamera DSLR. Ternyata ini adalah Camera House Borobudur yang sudah lumayan tenar.

Camera House Borobudur

Konon rumah ini adalah pilik seorang seniman lukis yang bernama Tanggol Angien Jatikusumo, lebih dikenal dengan Pak Tanggol. Beliau membuat rumah ini karena sangat menyukai kamera, padahal tadinya kamera hanya dijadikan sebagai alat bantu untuk melukis. Niat banget ya.

Karena keunikannya, rumah kamera yang terdiri dari 3 lantai ini pun dijadikan sebagai tempat wisata mulai tahun 2014 lalu. Dari lantai paling atas kita bisa melihat pemandangan desa yang asri serta beberapa gunung, seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Andong hingga Bukit Menoreh dan Punthuk Setumbu.

Masih pagi sekali waktu itu, jadinya belum buka. Ga masalah pikir saya, karena memang tujuan utamanya bukan ke sini ya. Tapi masih tetep penasaran isinya bagaimana (yang tentunya koleksi lukisan karya Pak Tanggol).


Karena belum bisa masuk, akhirnya saya memutuskan untuk melihat-lihat di sekelilingnya. Dan menemukan hal yang menarik lagi.

Ternyata di belakang Camera House ini terdapat Balkondes Majaksingi. Bagi yang belum tau apa itu balkondes bisa lihat di sini. Wah, menarik juga kalau berdekatan gini ya. Jadi selain bisa ke Camera House bisa juga sekalian bersantai di area balkondes.


Menarik ya. Cocok juga untuk bersantai bersama keluarga, apalagi jika kalian berkunjung di pagi hari atau sore hari.


Harga

Harga tiket masuk ke Camera House adalah Rp 15.000 per orang.

Lokasi

Karang Bawang, Majaksingi, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553

Jam Buka

Camera House Borobudur buka setiap hari pukul 08.00 – 19.00 WIB


๏ 3 readers

Leave a Reply