Penyebab HP Tiba-Tiba Hang

Salah satu produk hp keluaran dari Sony seperti Sony Xperia Z harganya masih relatif stabil sejauh ini. Penyebabnya karena kualitas produk ini cukup bagus. Sebagai informasi, Sony Xperia Z adalah smartphone yang diluncurkan pada tahun 2013 lalu. Saat ini harga HP Sony Xperia Z masih berada pada kisaran harga 1 jutaan. Bergantung tipe atau varian HP ini. Seperti diketahui Xperia Z sendiri terdapat beberapa tipe, seperti Z1, Z2, ZL, Z3 sampai Z3 compact.


Nah, kali ini kita tidak akan membahas mengenai  harga HP Sony Xperia Z, melainkan mengenai beberapa hal yang mungkin menyebabkan HP ini sampai mengalami hang. Berikut ini kemungkinan penyebab HP sering kali hang atau macet digunakan.

Sony Xperia Z

1. Terlampau banyak aplikasi

Ini masalah yang paling umum yang menyebabkan HP sering mengalami hang. Ya, memang perkembangan aplikasi yang makin pesat serta peningkatan kebutuhan pengguna, membuat banyak orang sering menginstall aplikasi baru.

Padahal dengan aplikasi yang makin banyak, hal itu berdampak juga terhadap makin lemotnya performa HP. Kalau dinalar, ini seperti keinginan yang tidak sebanding dengan kemampuan. HP Xperia memiliki RAM 2GB. Jika diisi terlalu banyak aplikasi, pasti akan berdampak terhadap beratnya HP ini saat ingin digunakan.

2. Banyak Tema

Memang menyenangkan memiliki banyak tema di HP. Kita bisa mudah untuk mengganti tema sesuai keinginan. Akan tetapi, hal itu juga berdampak terhadap lambatnya smartphone.  Oleh karena itu sebaiknya hindari menumpuk tema atau animasi di dalam smartphone. Karena HP pun akan menjadi lemot dan nantinya bisa sering hang.

3. Diserang virus

Ini juga yang bisa menyebabkan HP menjadi gampang hang. Virus membuat sistem di dalam smartphone tidak bisa berfungsi normal. Seperti virus yang menjangkiti tubuh, virus pada smartphone ini akan memperlambat fungsi smartphone tersebut. Akibatnya pun bisa dirasakan langsung oleh pengguna. Kalau dulu smartphone itu terasa cepat, tapi kini menjadi lebih lemot.

4. Penggunaan Berlebihan

Kalau HP digunakan secara terus-menerus tanpa pernah berhenti, hal itu bisa menjadi sebab terjadinya hang. Seperti manusia, smartphone pun butuh istirahat. Karena itu, kalau memang tidak digunakan, kita bisa mematikan smartphone ini.

Praktik paling gampang adalah dengan mematikan HP saat sedang di-charge. Dengan begitu, smartphone ini bisaberistirahat sementara. Nantinya setelah charging full, maka smartphone ini pun bisa digunakan kembali. Ini cara mencegah agar HP tidak gampang hang.

5. Usia HP

Usia HP yang sudah cukup lama berpengaruh terhadap turunnya performa smartphone. Karena itu jangan heran kalau HP yang sudah lama sering mengalami masalah hang atau HP tidak bisa difungsikan seperti ketika masih baru.

Itu memang gejala yang wajar. Tapi sebetulnya hal ini pun bisa dicegah dengan selalu memfungsikan HP dengan baik. Hindari untuk menggunakan HP secara berlebihan agar paling tidak HP ini bisa lebih awet.

Selain itu rutin membersihkan HP bisa ikut membantu untuk menjaga agar usia HP ini bisa lebih panjang. Perlakukan HP seperti benda kesayangan. Rawat dengan baik agar HP ini bisa dipakai dalam jangka waktu lama untuk menunjang aktivitas.


Itulah beberapa hal yang mungkin bisa menjadi penyebab HP gampang hang. Memang jika ditarik kesimpulan, penyebabnya bisa karena usia HP yang sudah tidak lagi muda, selain juga karena pengguna yang tidak memperlakukan HP ini seperti seharusnya. 


Jika Anda ingin cek harga HP Sony Xperia Z maupun HP lainnya, coba untuk membelinya di Bukalapak. Marketplace nomor 1 di Indonesia ini merupakan pilihan tepat untuk belanja online yang aman dan terpercaya.

Sumber Gambar : https://www.stuff.tv


๏ 24 readers

2 Comments

  1. Ngelirik ke postingan ini karena gw baru aja meminang Sony Xperia XZ, hp second sejutaan tapi dapet banyak. Hahahaha
    Jadi rasanya sih perlu ditulis juga nih.

Leave a Reply