Es Krim Ria Medan Sejak 1936

Medan merupakan salah satu kota yang bisa dibilang terpanas di Indonesia. Dengan suhu rata-rata di atas 30°C setiap harinya, Medan sering masuk dalam kategori 10 kota terpanas atau bahkan 5 kota terpanas di Indonesia.

Kondisi seperti inilah mungkin yang menjadi salah satu penyebab mengapa banyak warung es krim di Medan. Es krim sendiri merupakan kudapan yang rasanya manis dan dingin, memang cocok sekali menjadi pelega dahaga di kala cuaca panas. 

Salah satu warung es krim yang sudah melegenda adalah Es Krim Ria yang ada di Jalan Surabaya No. 22C/28 Medan. Warung ini sudah ada sejak tahun 1936. Luar biasa. 

Kebetulan saya berkunjung ke sana ketika siang hari yang cukup panas, jadi pas sekali jika jajan es krim, langsung bisa menyejukkan suasana.

Warung Es Krim Ria

Dan seperti warung yang sudah legendaris lainnya, warung Es Krim Ria ini ada di daerah khas kota lama, hanya berbentuk ruko biasa yang diisi dengan beberapa pasang meja dan kursi sederhana ditambah tempat untuk kasir dan tempat makanan seperti di warung nasi rames. Tidak banyak gimmick seperti warung-warung atau tempat kuliner yang kekinian. Tapi tentu saja tidak pernah sepi pengunjung.

Warungnya tidak pernah sepi pengunjung

Sampai di sana saya langsung penasaran dengan menunya apa saja. 

Namanya warung es krim sudah pasti menunya berbagai macam es krim. Mulai dari es krim biasa, es krim yang dipadu dengan buah, hingga es krim yang dipadu dengan soda/cola. Di sini juga ada air buah, air limun dan buah longan. Aneh-aneh ya? Saya juga baru pertama kali lihat menu seperti ini. Tapi percaya sajalah kepada warung yang sudah melegenda, pasti tidak menyesal, haha.

Selain menu minuman, menu makanan juga ada ditawarkan dalam sebuah piring ketika kita datang dan duduk. Satu porsi terdiri dari beberapa jenis kue berbeda antara lain : bolu, lapis legit, bika ambon, kue sus, dll. Jika beruntung dan ingin makan berat, di depannya kita bisa memesan sate padang dan martabak juga, tetapi sepertinya ga setiap saat buka, karena waktu saya ke sana kedua pedagang ini pun tidak ada.

Satu porsi es krim dan makanan

Untuk masalah harga tidak usah khawatir. Harga menu es krim di sini beragam sesuai dengan rasanya, tetapi hanya di kisaran RP 16.000 hingga Rp 29.000. Masih bisa dibilang murah untuk statusnya yang sudah melegenda. Namun, untuk harga makanannnya saya kurang tau, karena tidak tertulis juga di menunya dan ada kemungkinan fluktuasi, tapi pasti ga jauh beda dari kisaran harga es krimnya.

Bagi kalian yang pergi ke Medan menurut saya wajib sekali untuk mencoba warung ini. Selain mengobati dahaga di cuaca yang panas, kalian juga secara otomatis ikut melestarikan salah satu warisan kuliner Kota Medan yang sudah ada lebih dari 80 tahun yang lalu.


Harga

Harga menu di sini adalah mulai dari Rp 16.000 per porsinya.

Lokasi

Jl. Surabaya No. 22C/28, Pasar Baru, Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20212

Jam Buka

Es Krim Ria buka setiap hari pukul 10.00 – 20.30 WIB


๏ 18 readers

Leave a Reply