Nol Kilometer Temanggung

Sedikit berbeda dengan Magelang, lokasi dari titik nol kilometer Temanggung lebih mirip seperti Purworejo. Yang mana lokasi titik nol kilometernya tidak tepat di alun-alun.

Alun-alun dari Kota Tembakau ini malah berada di titik kilometer 1. Lumayan ga jauh, masih dapat dijangkau dengan berjalan kaki. Ya, Temanggung memang sudah membuat branding sebagai Kota Tembakau karena sebagian besar masyarakatnya adalah petani tembakau.

Titik Nol Kilometer

Titik atau patok nol kilometer Temanggung sendiri berada di kawasan Taman Pancasila, yang mana satu kawasan dengan Tugu Jam atau Tugu Pancasila yang juga menjadi salah satu ikon kota ini.

Nol Kilometer Temanggung
Nol Kilometer Temanggung

Adanya Taman Pancasila sendiri, selain bisa dijadikan tempat rekreasi yang murah, taman ini juga mempunyai tujuan yaitu karena dasar Negara kita adalah Pancasila, diharapkan dengan penamaan ini para generasi muda penerus bangsa selalu menjunjung tinggi nilai Pancasila dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara. ⁣Di dalamnya terdapat patung pahlawan yang menambah wibawa dan keindahan kota.

Selain itu, adanya Tugu Jam atau Tugu Pancasila memiliki makna tersendiri yang direpresentasikan oleh bagian-bagiannya. Dengan ketinggiannya yaitu 17 bagian, kemudian ada angka 8 diberikan, dan 45 lambang daun tembakau, yang merupakan makna dari tanggal Kemerdekaan Indonesia.

Keberadaan kedua ikon di titik nol kilometer ini diharapkan bisa menginspirasi masyarakat untuk mengingat sejarah perjuangan rakyat Temanggung dalam meraih kemerdekaan bangsa dari cengkeraman penjajah.

Yang menarik lagi adalah adanya kelenteng Konglingbio Cahaya Sakti yang berada di belakang Taman Pancasila. Hal ini sangat mirip dengan Kota Magelang.

Untuk menuju ke titik ini sangatlah mudah, karena berada di pinggir jalan utama provinsi yang menghubungkan antara Magelang – Temanggung – Wonosobo, tetapi jalannya sekarang satu arah. Jadi paling mudah memang yang asalnya dari arah Magelang.

Selamat berkunjung ke Kota Tembakau!


→ 22 readers

Related Posts

Arif Setiawan

📝 blogger ⚡software engineer — working remotely

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *