Salah satu penginapan yang cukup unik di sekitar Candi Borobudur adalah Ndalem Nitihardjan ini. Kenapa penginapan dengan konsep guest house satu ini terbilang unik?

Selain menawarkan sebuah konsep penginapan yang menyatu dengan alam dan lingkungan sekitarnya, di sini juga terdapat restoran yang bernama Pasta Gio. Nah, Pasta Gio ini malah lebih terkenal namanya dibandingkan dengan nama penginapannya, haha.

Ndalem Nitihardjan merupakan penginapan dengan nuansa Jawa klasik yang berada di Dusun Jowahan, Desa Wanurejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang.

Ndalem Nitihardjan
Ndalem Nitihardjan

Penginapan ini menawarkan sebuah konsep penginapan yang menyatu dengan alam dan lingkungan sekitarnya. Hanya sepertiga dari luas area yang digunakan untuk bangunan guest house, selebihnya adalah landscape berupa taman yang menyatu dengan alam dan lingkungan sekitar. Dengan konsep ini, tamu dapat merasakan kenyamanan selama tinggal di sini beserta keramahan yang tulus dari kehidupan di sekitar.

Untuk menuju ke sini, jalur yang paling mudah adalah dari pintu utama Candi Borobudur kemudian menuju ke arah selatan, melewati Dusun Ngaran kampung home stay. Kemudian belok kiri ke arah timur di perempatan dengan petunjuk menuju Dusun Jowahan. Ikuti saja jalan satu-satunya ini sampai ada papan nama Pasta Gio.

Asal usul nama penginapan ini pun memiliki cerita tersendiri. Dulunya, lokasi ini merupakan kediaman dari seorang yang bernama Nitihardjo. Mbah Nitihardjo yang dahulu juga merangkap sebagai Lurah Desa setempat dikenal sangat ramah terhadap warga sekitar. Sejarah inilah yang melatarbelakangi Ndalem Nitihardjan berkembang menjadi sebuah usaha di bidang ramah tamah atau hospitality industry hingga sekarang.

Untuk menginap di sini, terdapat beberapa pilihan  tipe penginapan. 

Yang pertama adalah sebuah bangunan rumah dengan 4 buah kamar dengan kapasitas 8 orang. Pada tipe ini tamu dapat menyewa satu rumah ataupun hanya satu kamar saja. 

Yang kedua adalah tipe bungalow. Tipe ini menawarkan pengalaman menginap yang lebih private, karena letaknya terpisah dari bangunan lainnya. Tipe ini kapasitasnya hanya untuk 2 orang saja, sangat cocok bagi pasangan yang sedang honeymoon

Selain penginapan, ada bangunan utama Joglo yang kerap digunakan untuk acara gathering ataupunmakan. Sedangkan resto Pasta Gio merupakan cabang dari restoran yang ada di Jogja yang menyajikan menu unggulan steak & pasta. Yang paling baru ada juga Kopi Niti yang menyajikan berbagai pilihan menu kopi.

Dengan berbagai fasilitas yang ada, tempat ini juga melayani group dining, pesta barbeque, gathering bahkan juga wedding.


Saya sendiri ke sini biasanya untuk menikmati pasta, belum pernah sampai menginap atau staycation. Ya, bisa dibilang tidak banyaklah warung pasta di Magelang. Jadi ketika ada warung pasta yang tempatnya juga asik langsung bisa menjadi pilihan.

Selain suasana yang nyaman dan menenangkan di sini parkirannya juga lumayan luas, jadi tidak usah khawatir jika kalian menggunakan mobil. Ketika parkiran penuh pun masih bisa parkir di pinggir jalan yang notabene tidak banyak orang lewat, karena bulan jalur utama.

Fetuccini Carbonara + Es Jeruk Nipis
Fetuccini Carbonara + Es Jeruk Nipis

Menu favorit saya di Pasta Gio adalah fetuccini carbonara dipadukan dengan es jeruk nipis. Dinikmati sambil mendengarkan lantunan gendhing Jawa dan segarnya suasana lingkungan sekitar. Mantap sekali.

Bagi kalian yang gemar dengan pasta dan mencari di area Magelang, saya sangat merekomendasikan untuk ke sini.

Selamat mencoba!


Harga

Harga menu utama di restoran di tempat ini mulai dari Rp 20.000. Sedangkan menu sampingannya dimulai dari Rp 10.000.

Lokasi 

Dusun Djowahan, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553.

Jam Buka

Restoran di tempat ini buka setiap hari dari jam 11.00 – 21.00 WIB.


→ 8 readers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *