Bagi alumni atau siswa SMA Negeri 1 Magelang pasti warung Soto Ayam Mbah Mul ini sangatlah tidak asing. Meskipun bentuknya semi permanen dan lebih mirip pedagang kaki lima, tetapi warung ini sudah ada sejak tahun 1969 dan pastinya sudah berganti generasi, cukup melegenda di Magelang.

Lokasi tepatnya ada di Jalan Cempaka, pojok belakang SMA Negeri 1 Magelang dan di depan rumah dinas Walikota Magelang. Daerah ini pun sangat dekat dengan salah satu taman rekreaai di Magelang yaitu Taman Kyai Langgeng, masih dalam jangkauan berjalan kaki.

Soto Ayam Mbah Mul
Soto Ayam Mbah Mul

Untuk sampai di sini, bisa dilakukan dengan berbagai moda transportasi. Jika menggunakan angkutan umum, maka harus mencari angkot Jalur 1 dalam Kota Magelang, angkot jurusan Magelang – Kalinegoro atau bus kecil jurusan Temanggung. Jika menggunakan kendaraan pribadi ya bisa langsung cari di Google Maps antara warung soto ini, SMA Negeri 1 Magelang atau Taman Kyai Langgeng. Bagi yang menggunakan mobil tidak usah khawatir karena parkirannya cukup luas, meskipun di pinggir jalan, tetapi jalannya tidak terlalu ramai.

Warung ini selalu ramai
Warung ini selalu ramai

Yang sangat khas di sini adalah soto ayam dengan bahan-bahan yang melimpah. Selain nasi, kuah soto dan suwiran ayam kampung, dalam satu porsi soto Mbah Mul ini tersaji pula suwiran tahu bacem, soun, tauge, seledri dan bawang goreng. Nggak ketinggalan perkedel kimpul yang kecil dan renyah, yang mungkin tidak ada di warung soto lain.

Satu porsi yang meriah
Satu porsi yang meriah

Perkedel kimpul sendiri adalah perkedel yang terbuat dari kimpul atau talas, tidak menggunakan kentang. 

Selain itu, menu tambahan lain yang bisa dinikmati bersama soto adalah tempe goreng yang digoreng renyah, sate usus dan sate tempe gembus. Sate tempe gembus ini juga jarang di tempat lain. Sensasinya agak pedas, mirip dengan sate kere yang ada di Solo.

Ditambah dengan perasan jeruk dan teh tawar hangat, satu porsi soto ayam di sini sungguh sangat menyegarkan, terutama untuk menu sarapan. Menu tambahan lain seperti perkedel dan sate-satean tersedia di meja dan bisa diambil saja jika masih kurang.

Untuk harganya, jangan khawatir karena di sini masih murah banget. Satu porsi soto sekitar Rp 10.000 saja, teh tawar sekitar Rp 2.000, menu tambahan juga sekitar Rp 1.000 – Rp 2.000.


Mantap sekali. Silahkan dicoba jika ke Magelang. Kalau ada kenalan alumni SMA Negeri 1 Magelang lebih bagus, mungkin bisa ke sini bareng, siapa tau ada kenangan tersendiri ketika jajan ke warung ini.


Harga

Harga satu porsi di warung ini sekitar Rp 10.000.

Lokasi 

Jalan Cempaka, Depan pendopo Walikota Magelang, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah 56122

Jam Buka

Warung ini buka setiap hari dari jam 07.00 – 12.00 WIB.


→ 12 readers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *