National University of Singapore

Karena acara iOS Conference Singapore diadakan di kawasan National University of Singapore, tempat menginap saya juga berdekatan serta ga bisa main ke yang jauh-jauh juga, maka saya cuma pengen ajakin buat keliling area salah satu kampus terkemuka di Republic of Singapore ini.

Salah satu spot favorit di National University of Singapore
Salah satu spot favorit di National University of Singapore

Beberapa fakta unik dari National University of Singapore yang menurut saya menarik, antara lain : 

  1. Didirikan pada tahun 1905 dan merupakan lembaga pendidikan tinggi tertua di Singapura.
  2. Termasuk universitas negeri di Singapura.
  3. Salah satu universitas terbaik di Asia versi majalah AsiaWeek tahun 2000.
  4. Dulunya merupakan sekolah kedokteran pertama di Singapura yang bernama Straits and Federated Malay States Government Medical School, yang didirikan tanggal 3 Juli 1905 oleh Tan Jiak Kim.
  5. Pada tahun 1980, Universitas Singapura dan Nanyang University bergabung dan menjadi Universitas Nasional Singapura hingga sekarang.
  6. Memulai usaha pendidikan kewirausahaan pada tahun 1980, dengan mendirikan Pusat Manajemen Inovasi dan Technopreneurship pada tahun 1988. Sekarang bernama NUS Entrepreneurship Centre (NEC) dan mempunyai empat bidang yaitu inkubator bisnis, pendidikan pengalaman bisnis, pengembangan kewirausahaan, dan penelitian kewirausahaan.
  7. Memiliki tujuh perguruan tinggi di luar negeri yaitu di Shanghai dan Beijing (Cina), Israel, India, Stockholm (Swedia), Silicon Valley dan Bio Valley (AS). 
  8. Program NUS Overseas Colleges (NOC) dimulai pada tahun 2001. Program ini memberikan pengalaman pendidikan kewirausahaan dan akademik di seluruh dunia bagi mahasiswanya.
  9. Terdapat 6.000 tempat tinggal seperti Asrama dan Student Residences di sekitar kampus National University of Singapore.
  10. Terdapat 7 layanan perpustakaan di sekitar kampus National University of Singapore. Perpustakaan tersebut adalah Perpustakaan Pusat, Perpustakaan Cina, Perpustakaan CJ Koh Law, Perpustakaan Memorial Hon Sui Sen, Perpustakaan Medis, Perpustakaan Musik, dan Perpustakaan Sains.

Selengkapnya ada di sini ya.

Membaca fakta ini sebenarnya saya juga sedikit heran si, karena di tahun 1980 saja di sini sudah ada program inovasi dan technopreneurship, termasuk istilah inkubator bisnis hingga penelitiannya. Sedangkan di Indonesia sepertinya ketika saya masuk kuliah saya belum terlalu banyak yang mengenalnya, emang beda si, haha.

Sekitar Pasir Panjang Road

Di sini terdapat sekolah montessori, Masjid Hussain Sulaiman, landed house yang kemungkinan besar mahal biayanya di Singapore, asrama mahasiswa dan tentunya beberapa halte untuk bis. Termasuk sepi daerahnya.

Sekitar Kampus

Daerahnya sangat walkable sekali. Sayangnya saya tidak bisa berkeliling terlalu jauh karena terbatas waktu dan cuma berjalan kaki. Jadinya cuma berputar dari Pasir Panjang, Science Park, NUS Business School dan kembali ke Shaw Foundation Alumni House.

Menariknya di dalam kampus juga ada fasilitas untuk alumni yang dibuat sistem member. Sehingga sebagai alumni pun masih diperbolehkan untuk memakai fasilitas yang dibuat dari kontribusi alumni sendiri, termasuk adanya kids playroom. 

Mantap ya. Sepertinya masih jarang juga kampus di Indonesia yang melakukan hal seperti ini. Sebagian besar malah setelah mengembalikan kartu mahasiswa dan dikasih toga terus ga ada interaksi lagi yang sifatnya rekreasi.

Jadi punya cita-cita at least anak saya bisa buat sekolah di sini atau di tetangganya. Aamiin.


Lokasi

21 Lower Kent Ridge Road, Singapore 119077.


→ 9 readers

Related Posts

Arif Setiawan

📝 blogger ⚡software engineer — working remotely

This Post Has One Comment

  1. This is very interesting, Thank you for sharing your article. I really appreciate your efforts and I will be waiting for your further post thanks once again.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *