Menikmati wedang ronde di kota yang cuacanya cenderung dingin memang sangatlah nikmat. Warung Ronde Miroso ini sudah membuktikannya dengan berjualan wedang ronde sejak tahun 1950. Konon katanya warung ini merupakan langganan Presiden Soekarno ketika berkunjung ke Magelang.

Magelang yang berasal dari kata gelang, memang dianalogikan karena dikelilingi oleh banyak gunung. Sebut saja Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo di sisi timur hingga utara, Sumbing di sisi barat dan Perbukitan Menoreh di sisi selatan.

Warung Ronde Miroso
Warung Ronde Miroso

Seperti biasa, salah satu warung yang legendaris seperti Warung Ronde Miroso ini hingga sekarang masih mempertahankan bentuknya yang sederhana. Dan sudah dijalankan oleh dua generasi.

Warung yang lokasinya ada di Jalan Medang No.6A, Rejowinangun Utara, Kota Magelang ini tidak pernah sepi oleh pembeli, terutama di sore hingga malam hari ketika cuaca cenderung dingin. Pembelinya tentu saja sebagian besar usia lanjut yang sudah berlangganan sejak generasi pertamanya. Selain itu, warung ini juga populer di kalangan militer. Secara di Magelang ada SMA Taruna Nusantara dan Akademi Militer hingga Rindam. Para alumninya biasanya mampir ke warung ini ketika ada perjalanan dinas atau hanya berkunjung ke Magelang atau memesan untuk acara di akmil.

Sajian spesial yang ada di Warung Ronde Miroso tentulah wedang ronde, selain itu ada juga sate pisang yang lembut serta tahu bacem berukuran jumbo. Menurut pemiliknya, ketiga menu tersebut adalah menu andalan di warungnya. Hermien yang sekarang mengelola juga mengklaim bahwa warung ini adalah pembuat sate pisang pertama di Magelang. Cita rasa dan teksturnya yang unik membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya. Sate pisang sendiri merupakan makanan dari Solo, karena orang tuanya asli Solo maka mulai dijual menu itu. Sate pisang ini hingga sekarang menjadi salah satu menu yang selalu dipesan oleh hotel-hotel di Magelang.

Mungkin itulah salah satu kunci kenapa bisa bertahan hingga sekarang.

Saya sendiri terbilang cukup sering ke sini ketika ingin mencari minuman hangat dalam kondisi cuaca yang dingin. Selain ketiga menu andalan tadi, masih ada juga makanan lain sepeti mie kangkung, lumpia, dan beberapa snack kering khas Magelang.

Bagi kalian yang sedang berkunjung ke Magelang, tentunya saya sangat merekomendasikan untuk berkunjung ke warung ini. Selamat mencoba! 


Harga

Harga di warung ini bervariasi mulai dari Rp 5.000, tetapi untuk wedang ronde adalah Rp 12.000.

Lokasi 

Jl. Medang No.6A, Rejowinangun Utara, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah 56127.

Jam Buka

Warung ini buka setiap hari dari jam 15.30 – 22.00 WIB, kecuali hari Selasa (tutup).


→ 10 readers

About the author

📝 blogger ⚡software engineer — working remotely

Leave a Reply

Your email address will not be published.