Pesona Danau di Jambi

Mungkin jika kita menyebut kata Jambi tidaklah secepat orang akan mengenali kata Aceh, Medan atau Padang, tapi tahukah kamu bahwa Jambi merupakan salah satu dari tiga provinsi di Indonesia yang ibukota provinsinya sama dengan nama provinsinya? Selain Bengkulu dan Gorontalo.
Apalagi?
Ternyata eh ternyata di Jambi ini terdapat beberapa tempat wisata alam yang menawan lho. Bagi saya yang doyan banget wisata alam tentunya bakal menjadikan Jambi sebagai salah satu tujuan jalan-jalan (ini pernyataan diutarakan setelah nyari info tentang Jambi di internet, heheu).
Salah satu jenis wisata alam yang patut kita ketahui keberadaannya adalah beberapa danau yang ada di Jambi. Setidaknya ketiga danau di bawah ini sudah menjadi rahasia umum warga Jambi.

Danau Kerinci

Danau Kerinci
Danau yang namanya sama dengan salah satu gunung tinggi di Jambi ini adalah danau terbesar kedua di Sumatra setelah Danau Toba yang mempunyai luas 5000 m² dan berada pada ketinggian 783 mdpl.

Saya ini tipe orang yang meyakini bahwa di daerah tinggi itu sudah bisa dipastikan bahwa kita akan dapat melihat pemandangan alam yang menawan. Begitu pula yang ada di danau ini ternyata, kombinasi pemandangan antara air yang jernih, perahu nelayan dan latar pegunungan.
Batu Berukir

 

Di sekitar danau ini ternyata juga terdapat sejumlah batu berukir yang konon peninggalan manusia megalit yang hidup ribuan tahun silam, yang juga menandakan adanya kehidupan manusia purba di sekitar danau ini.
Di Danau Kerinci setiap tahun juga diadakan Festival Danau Kerinci yang menampilkan berbagai macam atraksi kesenian masyarakat Jambi. Tujuannya untuk menarik wisatawan tentunya.

Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh
Danau yang satu ini lokasinya lebih tinggi dari Danau Kerinci tadi, berada di ketinggian 1.950 mdpl dan merupakan danau tertinggi di ASEAN. Wow!
Danau ini konon katanya terbentuk dari letusan Gunung Tujuh beberapa tahun silam dan dikelilingi 7 gunung (Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Madura Besi, Gunung Lumut , Gunung Selasih, Gunung Jar Panggang dan Gunung Tujuh). Istimewa!
Belum selesai di situ, ternyata di beberapa titik di pinggir danau ini, terdapat pasir yang terbentang menyerupai pantai dan digunakan untuk berkemah menanti sunrise. Udah pasti favorit banget ini mah!

Danau Belibis

Danau Belibis
Danau yang satu ini lokasinya di lereng Gunung Kerinci, yang mana adalah gunung tertinggi di Sumatra dengan ketinggian 3.805 mdpl, sedangkan danaunya sendiri berada pada ketinggian 1000 mdpl. Mengapa disebut Belibis? Karena memang banyak Belibis yang ada di sekitar danau ini. Dan ternyata banyak cerita misteri tentang danau ini, termasuk yang katanya Belibis yang ada merupakan perwujudan dari orang-orang yang sempat hilang di danau ini. Wew…
Berarti untuk mengunjungi danau ini harus sekalian mendaki Gunung Kerinci ya.
Nah, dari ketiga danau yang berada di Jambi tadi, semuanya ada di daerah dengan ketinggian lumayan, Jambi ini emang surganya tempat tinggi apa gimana si? heheu.Fyi, sekarang transportasi dari Kota Jambi yang menjadi pusat kegiatan transportasi dari luar Jambi maupun ke daerah sekitarnya di Provinsi Jambi sudah tersedia cukup baik lho. Bisa menggunakan pesawat, kapal ferry atau mobil.

Jadi pengen banget ke Jambi kan!

@ariffsetiawanPostingan ini di ikut sertakan kedalam Lomba Blog www.pipetmagz.com

๏ 97 readers

1 thought on “Pesona Danau di Jambi”

  1. Jangan suka boong om. Danau kerinc itu belakngnya ada pegunungan bersalju. Foto danau mana itu yg dipake. Ckck

Leave a Reply