Honinbo Shusaku

Hari ini ternyata hari ulang tahunnya seorang Honinbo Shusaku, seorang Pemain Go Profesional.
Ish, kenapa prohemer kayak saya begini ini bisa tau sama Mbah Shusaku satu ini? haha.

Akhir-akhir ini buat selingan saya lagi doyan nonton anime Jepang Hikaru No Go. Dari sinilah saya mulai mengenal Shusaku karena sering banget dibahas di dalam ceritanya.
Ceritanya tentang bocah yang bisa main Go gara-gara bisa komunikasi sama `hantu` dari seribu tahun lalu yang jago banget main Go dan udah jadi tutor buat raja-raja dulu di istana. Namanya Sai Fujiwara. Nah, sebelum sama Hikaru, Sai juga pernah berkomunikasi sama satu anak sebelumnya, namanya Torajiro. Yang kemudian mengubah namanya menjadi Shusaku dan mendapatkan gelar Honinbo karena kehebatannya.Selama ia hidup dari 6 Juni 1829 – 10 Agustus 1862, ia pernah meraih skor sempurna atas 19 kemenangan beruntun dalam pertandingan istana tahunan. Hingga saat ini, hanya ada dua pemain yang dijuluki dengan “Santo Igo” (Kisei), dan Shusaku adalah salah satunya, sedangkan yang satunya lagi adalah Honinbō Dosaku (1645–1702). Shusaku juga dianggap sebagai salah seorang pemain Igo terbaik yang pernah hidup.

Lebih lengkapnya ada di Wikipedia.Mungkin memang anime Hikaru No Go ini salah satu tujuannya untuk memberikan penghormatan kepada Shusaku kali ya.

Sekali lagi selamat ulang tahun ke 185 Honinbo Shusaku.
@ariffsetiawan

 

๏ 85 readers

2 thoughts on “Honinbo Shusaku”

Leave a Reply