Sebenernya kali ini saya ingin menyampaikan unek-unek saya sebagai pelanggan Telkom Speedy, yaitu tentang `Gangguan` Push Ads. Meskipun ada di ToSnya layanan Telkom Speedy, tapi menurut saya ini adalah termasuk sebuah pemaksaan yang tidak baik. Konon katanya digunakan untuk melakukan tracking kebiasaan pelanggan selama berselancar di dunia maya. Script advertising yang dilakukan oleh pihak Telkom melalui jaringan Speedy ini secara tidak langsung bisa digolongkan sebagai adware atau spyware.
Speedy adalah layanan berbayar, pelanggan membayar tarif bulanan atas layanan internet yang dipakai, bukan untuk melihat iklan. Apalagi iklannya bisa merusak kecepatan pemakaian internet (nambah lemot) atau bahkan tampilan website. Bayangkan saja sebelum kita mengakses website kita harus mengakses juga domain yang berisi iklannya Telkom ini.
Yang jelas informasi tentang Push Ads ini sangat minim, tapi efeknya cukup luar biasa menurut saya. Berkaitan dengan hak konsumen, ibarat memasang adsense di web client yang kita buat.
Kebetulan saya seorang web developer, jadi cukup sering membuat website. Memang hal ini terjadi pada web yang menggunakan protokol http saja, tidak pada https. Tapi ya masa iya kita harus beli sertifikat ssl dulu buat menghindari hal-hal seperti ini?
Ini contoh efek langsung yang saya rasakan. Sisipan script Push ads Telkom Speedy ini sudah berada pada level merusak tampilan website.

InfoGedung.Net diakses dengan Non-Speedy
InfoGedung.Net diakses dengan Speedy
Ini wujud script sisipannya

Bagaimana solusinya?

Ada beberapa cara seperti menggunakan VPN, SSH Tunneling, dan membuat rule blocklist pada router. Lebih jelasnya ada di sini.
Alternatif yang lebih baiknya? Ganti! hahaha.
Sebenernya sudah lama ingin ganti layanan internet dari Speedy ini, tapi karena nasib layanan lain belum bisa masuk ke kawasan kosan, jadi aja masih pasrah. Insya Allah bakal langsung ganti jika sudah bisa ganti, heheu. Ini Speedy kosanku, gimana punyamu? 😛
@ariffsetiawan

๏ 224 readers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *