travel, food and technology

Soto Ayam Dalbe Jogja

arifsetiawan
arifsetiawan
February 17, 2015

Awal tahun 2015 saya isi dengan menikmati libur seminggu dari tempat kerja. Salah satunya adalah main ke Jogja. Dan ga sengaja mampir ke Soto Ayam Dalbe ini. Ke Jogja itu cuma sekitar 1,5 jam dari rumah saya di Purworejo.

 

 
Pas tau posisi saya lagi di Jogja, ada salah satu temen yang menghubungi, namanya Iskandar, trus ngajak ketemuan. Oke baiklah. Akhirnya kita ketemuan di Bundaran UGM, saya naik motor dari tempat nginep saya di Jalan Kaliurang km 11.
 
Setelah ketemu langsung aja keceplosan mau ngobrol, langsung saja saya potong “Yuklah sambil makan kita, haha”.
 
Akhirnya dia ngajak ke tempat makan soto favoritnya. Namanya Soto Ayam Dalbe. Lokasinya sekitar 100 meter dari perempatan Jalan Jendral Sudirman dan Jalan Cik Di Tiro. Wujud warungnya si kecil (keliatan kan di foto di atas?), semacam memanfaatkan gang yang udah ga dipake lagi, tapi warungnya ruame banget. Terutama pas jam sarapan sama makan siang, itu sampe mejanya di extend ke trotoar di bawah pohon beringin.
 
Ko’ bisa si?
 
Lha ya jelas to ya jawabannya, apalagi kalo bukan karena sotonya emang enak.

Soto Pak Dalbe
Sotonya bening kecoklatan dengan rasa yang manis udah pasti seger banget buat sarapan, khas soto di daerah Jawa. Saya sendiri memang lebih suka soto yang modelnya bening dan tidak terlalu banyak bahannya seperti ini, daripada soto yang lebih keruh yang ditambah dengan koya atau makanan-makanan tambahan lain.
 
Dan untuk bisa menikmati soto ini seperti porsi di atas kalian cuma harus bawa minimal uang Rp 10.000. Buat tambahannya bisa unlimited, hahaha. Murah pol kan?
 
Sangat bersahabat dengan kantong siapapun.
 
Monggo kalau posisi lagi di Jogja, bisa langsung cari dan dicoba sendiri.
 
@ariffsetiawan


→ 142 readers

arifsetiawan
  • 📝 blogger ⚡software engineer — working remotely

Culinary

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *