Di bulan Maret yang lalu, saya kebetulan mendapatkan kesempatan untuk menjadi trainer dalam sebuah workshop mobile application yang bertajuk iOS Development Workshop for Beginner. Sebenarnya sudah direncanakan sejak bulan Januari, tetapi baru menemukan waktu yang pas dari kedua belah pihak di bulan Maret.

iOS Development Workshop
iOS Development Workshop

Kegiatannya selama 5 hari kerja di Kompas Gramedia Palmerah. Pesertanya adalah para programmer dari Kompas Gramedia.

Tujuan dari workshop ini adalah membuat aplikasi mobile di platform iOS sebagai aplikasi client yang bisa menampilkan data existing konten dari Kompas melalui API. Jadi lebih fokus bagaimana membuat aplikasi client dengan asumsi sudah disediakan API.

Selama 5 hari itu, kami mempelajari beberapa hal, yaitu :

  • Day 1: Getting Started + UI Guide for iOS, mengenal elemen-elemen user interface dan standar-standar yang biasanya digunakan dalam pembuatan aplikasi iOS.
  • Day 2: Layouting, menyusun elemen-elemen user interface menjadi tampilan yang diinginkan/dibutuhkan, hingga memberikan interaksi antar tampilan dan menjadi bentuk prototype.
  • Day 3: Database, mengenal local storage dan bagaimana penggunaannya.
  • Day 4: Connect to Google Maps, mengenal bagaimana memasukkan fungsi-fungsi yang disediakan oleh Google Maps untuk digunakan di aplikasi mobile.
  • Day 5: Using API + Web Service Invocation, mengenal bagaimana menggunakan endpoint API sebagai manipulasi konten di aplikasi mobile.

Karena pesertanya sebagian besar lebih familiar dengan teknologi website, jadi perlu sedikit pendahuluan bagaimana perbedaan dalam membuat website dan aplikasi mobile, terlebih pada platform iOS.

Saat itu, saya menggunakan bahasa pemrograman Objective C. Bahasa pemrograman yang sudah lama digunakan dalam pembuatan aplikasi iOS.

Let's Code!
Let’s Code!

So far so good dan asik pesertanya, cepet banget buat diajarin.

Hasilnya, di hari terakhir kami sudah dapat menghasilkan prototype aplikasi iOS dengan konten dari existing endpoint API yang disediakan oleh Kompas. Sayangnya di kantor mereka masih belum ada macbook yang layak untuk melakukan development lanjutan secara intensif.

Peserta Workshop
Peserta Workshop

Terima kasih Kompas Gramedia, sudah memberikan kesempatan (dan pengalaman pertama menjadi trainer workshop programming) kepada saya.

Semoga sukses untuk rencana development kedepannya.

๏ 77 readers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *