Sungai Mekong

Mendengar nama Sungai Mekong pastilah kita langsung teringat akan pelajaran IPS ketika SD. Nama sungai yang selalu menghiasi buku paket Geografi, ya ga? hahaha.

Sungai ini memang luar biasa. Salah satu sungai yang menjadi kandidat teratas untuk masalah panjang dan volumenya di tingkat dunia. Bagaimana tidak, selain menjadi perbatasan antar 3 negara (Thailand, Laos dan Myanmar), sungai yang konon merupakan salah satu sumber awal mula peradaban manusia di Asia Tenggara ini juga melintasi 6 negara. Mengalir dari Dataran Tinggi Tibet di China menuju Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja dan bermuara di Vietnam.

Peta Sungai Mekong

Di Laos, Sungai Mekong merupakan sumber kehidupan. Karena sungai ini mengalir di sepanjang wilayah negara dari utara yang berbatasan dengan Myanmar, tengah berbatasan dengan Thailand hingga selatan yang berbatasan dengan Kamboja.

Petunjuk tempat-tempat penting di Luang Prabang

Di Luang Prabang sendiri letak Sungai Mekong sangatlah dekat dengan pusat kota. Dengan berjalan sekitar beberapa ratus meter saja kita langsung dapat mencapai bibir sungai ini.

 

Sungai Mekong

Dari salah satu bibir sungai ini saja kita sudah bisa melihat geliat perekonomian warga yang memanfaatkan sungai. Baik untuk kegiatan perdagangan maupun pendidikan. Di pagi hari banyak sekali kami lihat masyarakat, pedagang dan pelajar berlalu lalang silih berganti menyeberangi sungai ini.

Warung makan di pinggir Sungai Mekong

Selain itu juga banyak tempat-tempat yang menjadi jantung perekonomian terletak di dekat sungai ini, seperti pasar tradisional, restoran, hotel yang menawarkan view sungai dan sunset yang indah bila dilihat dengan kombinasi pemandangan sungai hingga jasa penyewaan kapal untuk menyusuri sungai ini.

Entah apa jadinya Laos (yang sangat kering itu) tanpa ada Sungai Mekong ini.

๏ 33 readers

Leave a Reply