Mount Phousi Luang Prabang

Jika di pagi hari kalian bisa melihat Alms Giving Ceremony di jalanan-jalanan utama Kota Luang Prabang dan aktivitas pasar tradisional di sekitar Sungai Mekong, di siang hari bisa jalan-jalan menelusuri kota dengan bersepeda, melihat bermacam-macam museum dan kuil yang sangat banyak sehingga kota ini juga sering disebut sebagai kota seribu kuil dan melihat aktivitas para perajin souvenir lokal pembuat kain tenun dan cendera mata di seberang Sungai Khan atau hanya bersantai di cafe/bar di pinggiran sungai. Maka di sore harinya kalian bisa mencoba untuk naik ke Mount Phousi yang ada di tengah Kota Luang Prabang ini.

Kota Luang Prabang dari atas Mount Phousi

Dari atas Mount Phousi ini kita bisa melihat sebagian besar sisi Kota Luang Prabang yang terdapat sekitar 33 kuil besar, dihuni sekitar 1.000 biksu dan diapit oleh dua sungai yaitu Sungai Mekong dan Sungai Khan. Yang mana sejak tahun 1995 kota ini sudah menjadi UNESCO World Heritage Site.

Sunset dan Sungai Mekong

Pemandangan matahari terbenam yang berpadu dengan Sungai Mekong menjadi salah satu hal yang dinanti para wisatawan yang naik ke puncak Mount Phousi. Kegiatan sore hari yang diisi dengan duduk-duduk di sekitar kuil sambil menunggu matahari terbenam, doing nothing bangetlah, wkwk.

Golden Stupa That Chomsi

Di atas Mount Phousi terdapat kuil kecil dan stupa emas yang bernama That Chomsi yang dibangun di atas dasar persegi panjang yang dicat putih, oleh Raja Laos Anourat pada tahun 1804. Sedangkan Mount Phousi sendiri konon menurut legenda Ramayana merupakan gunung yang dipindah dari Sri Lanka oleh Hanoman, sang raja kera. Hmm… menarik, haha. Sayang tidak ada guide yang menceritakan tentang hal ini.

Untuk mencapai puncak Mount Phousi terdapat 2 jalur yang bisa dilewati. Jalur pertama yaitu melalui Sisavangvong Road yang mempunyai 328 anak tangga. Sedangkan jalur yang kedua melalui Thanon Phousi yang mempunyai 355 anak tangga.

Sisavangvong Road near Luang Prabang Royal Palace
Anak tangga menuju puncak
About Mount Phousi

Jam buka Mount Phousi dimulai dari jam 6 pagi dan tidak ada waktu tutupnya. Namun, yang paling direkomendasikan adalah berkunjung di sore hari untuk melihat sunset.

Tiket masuk ke area ini dikenakan biaya sebesar 20.000 Lao Kip untuk setiap orangnya.

 

Sumber : LaosDayTour

๏ 42 readers

Leave a Reply