Bingung untuk menentukan menu sarapan ketika sedang berada di Kota Malang? Wah, jangan sampai. Karena ada banyak sekali pilihan untuk menu sarapan di kota plat N ini. Salah satu yang pernah saya coba adalah Nasi Bug. Selain itu, ada juga menu sarapan yang sudah legendaris, yaitu Pecel Kawi.

Sesuai dengan namanya, Pecel Kawi memang makanan pecel yang ada di Jalan Kawi, Kota Malang. Salah satu yang sudah menjadi legenda dan katanya paling terkenal adalah Rumah Makan Pecel Kawi Hj. Musilah yang sudah ada sejak tahun 1975. Lokasinya ada di Jalan Kawi Atas No. 43B Malang, yang ada tulisannya Rumah Makan Tradisional Indonesia Pecel Kawi.

Rumah Makan Pecel Kawi

Kebetulan saya ke Malang memang mau menghadiri acara nikahan temen. Walaupun begitu, saya tetap ingin sarapan dulu demi menikmati Pecel Kawi ini, bersama dengan Fajar dan David.

Sudah ramai pengunjung

Sampai di sana sekitar jam 8 pagi ternyata sudah ramai pengunjung yang sebagian besar merupakan warga lokal.

Tanpa pikir panjang, saya langsung menuju ke kasir untuk memesan menu Nasi Pecel Kawi, menyusul teman saya yang sudah sampai terlebih dahulu di sini.

Nasi Pecel Kawi

Tidak terlalu lama menunggu, Nasi Pecel Kawi sudah diantarkan di meja saya. Isinya lumayan banyak ternyata. Nasi ditumpangi toge, kacang panjang, kangkung, timun, daun kemangi dan lain-lain, diguyur dengan bumbu pecel dan untuk pelengkapnya diberi kripik tempe dan peyek kacang. Bumbu pecelnya tidak terlalu manis seperti di Jawa Tengah, yang membuat pas dengan selera orang Jawa Timur.

Pilihan lauknya bermacam-macam, ada sate-satean, jeroan, telur mata sapi, perkedel, tahu, tempe, dll. Karena harga yang lumayan murah, saya akhirnya tergoda untuk menambah lauk telur mata sapi, tempe dan dadar jagung. Ditambah dengan teh tawar hangat. Satu porsi yang saya pesan tidak sampai Rp 20.000. Murah kan?

Selain menu utama nasi pecel, masih ada juga menu lain seperti nasi rawon, nasi campur, nasi lodeh, ayam bumbu rujak, bermacam oseng-oseng, dll. Banyak, dan menu Jawa Timuran semua, heheu.

Bu Musilah

Sambil menikmati nasi pecel, kita bisa melihat foto pendiri Pecel Kawi ini, yaitu Bu Musilah. Foto seperti ini memang jadi sangat khas di restoran/rumah makan yang sudah melegenda di suatu daerah.

Sudah ada di go-food juga

Tidak terlalu lama saya makan di sini, karena harus tau diri dan bergantian dengan pengunjung yang lain, yang kadang menunggu di depan rumah makan ini.


Bagi kalian yang belum pernah mencicipi kuliner ini, sangat direkomendasikan untuk dicoba. Karena belum ke Malang kalau belum pernah mencoba Pecel Kawi. Bagi yang mager, bisa pesen via go-food juga sekarang ternyata. Luar biasa ya, memang harus mengikuti perkembangan jaman kalau suatu bisnis mau stay relevant.


Harga

Harga menu di sini bervariasi mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 20.000

Lokasi

Jalan Kawi Atas No. 43B, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

Jam Buka

Kedai ini buka setiap hari dari jam 06.00 – 20.00.


๏ 91 readers