Wates mungkin daerah yang termasuk asing di kalangan wisatawan. Namun, di daerah ini ternyata terdapat kuliner legendaris yang sudah melayani pelanggannya sejak tahun 1978, yaitu Ayam Goreng Bu Hartin.

Meskipun merupakan ibukota Kabupaten Kulon Progo yang sekarang menjadi rumah dari bandara baru YIA, Wates tidak terlalu populer. Tapi bagi saya sendiri kota ini sudah sangat familiar karena dari kampung saya mau ke Yogyakarta pasti harus melewatinya.

Ayam Goreng Bu Hartin
Ayam Goreng Bu Hartin

Berawal dari kedai kecil di dekat pasar Wates kala itu kemudian berkembang hingga menjadi besar seperti sekarang. Saat ini Rumah Makan Bu Hartin sudah memiliki empat cabang yaitu di Jalan Wates Km 28, Jalan Ki Josuto dekat Terminal Wates, dan Jalan Sutijab Wates, dan Jalan Jogja sekitar Toyan. Saking legendarisnya tak heran jika Rumah Makan Bu Hartin selalu ramai pengunjung.

Ayam Goreng Bu Hartin
Ayam Goreng Bu Hartin

Menu andalannya tentu saja ayam goreng dengan resep khusus yang diwariskan secara turun temurun, yang membuat rasa lezat dan sensasi daging yang empuk. Jika anda berkunjung bersama keluarga dan ada anggota yang tidak bisa memakan ayam, jangan khawatir. Tersedia menu-menu lain yang tidak kalah lezat seperti soto ayam, lele bakar, sop buntut, mangut lele, nasi goreng seafood, dan masih banyak lagi. Anda juga tidak perlu khawatir akan membuat kantong bolong karena harganya sangat terjangkau! Satu ayam goreng utuh hanya dipatok Rp 85.000 sudah bisa anda nikmati bersama keluarga.

Selain itu, tempatnya juga sangat nyaman. Terutama cabang yang ada di Jalan Ki Josuto dekat Terminal Wates. Di sini kita bisa menikmati paket lengkap makan enak, sembari melihat sawah, traktor, kereta api, Bukit Menoreh, ditambah wahana ngasih makan ikan. Kereta apinya pun sangat beragam, baik kereta api jarak jauh, kereta prameks, hingga kereta bandara YIA.

Rumah Makan Bu Hartin sangat memahami kebutuhan konsumen dan menyediakan fasilitas terbaiknya. Terdapat pilihan tempat yang hangat dengan deretan meja di dalam ruangan dan tempat yang syahdu di gazebo-gazebo lesehan yang nyaman di bagian luar. Anda bebas memilih sesuai selera. Tempat yang nyaman dan sangat ramah keluarga akan semakin menambah kenikmatan dalam menyantap ayam goreng kampung ikonik Wates ini.

Harus dicoba ya jika kalian akan ke Jogja via bandara YIA, ga jauh ko’ jaraknya dari bandara. Selamat mencoba!


Harga

Harga di rumah makan ini rata-rata untuk 1 orang dari Rp 25.000 – 50.000.

Lokasi 

Jl. Ki Josuto No.18, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651.

Jam Buka

Rumah makan ini buka setiap hari dari jam 09.00 – 22.00 WIB.


→ 21 readers

About the author

📝 blogger ⚡software engineer — working remotely

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *