Soto Pak Man Semarang Sejak 1978

Semarang memang kota yang sangat terkenal akan lumpia atau wingko babatnya. Namun, di Kota Atlas ini juga ada salah satu varian soto yang khas. Soto merupakan salah satu ikon kuliner Indonesia yang sangat banyak variannya, bisa jadi berbeda di setiap kota. Salah satu yang legendaris di Semarang adalah Soto Pak Man. Yang sekarang mungkin lebih dikenal sebagai soto langganan Pak Jokowi.

Soto Semarang sering dikenal dengan kuahnya yang bening. Begitu pula dengan Soto Pak Man yang sudah ada sejak tahun 1978 ini. 

Untuk cabangnya sendiri ada di 5 tempat, antara lain.

  1. Jl. Purwosari Raya, Rejosari
  2. Jl. Pamularsih Raya No.32, Salamanmloyo
  3. Jl. Veteran No.26, Randusari
  4. Jl. Tlogosari Raya I No. 61 A, Pedurungan
  5. Jl. Perintis Kemerdekaan No.295, Banyumanik

Kebetulan saya berkunjung ke kedai yang lokasinya ada di Jl. Pamularsih Raya No.32, Salamanmloyo. 

Soto Pak Man Cabang Jl. Pamularsih Raya

Setelah penerbangan pagi dan landing di bandara Ahmad Yani, memang cocok sekali dilanjutkan dengan sarapan soto yang jaraknya hanya sekitar 6 km dari bandara ini.

Diracik di atas pikulan

Mulai buka dari jam 07.00, kedai ini masih mempertahankan penyajiannya yang khas menggunakan pikulan. Mulai dari kuah hingga ubo rampenya, semua diracik di atas pikulan ini. 

Kedainya selalu ramai
Meja makan beserta ubo rampe makanan pendamping soto

Kedai yang sudah legendaris pasti juga sudah tau bagaimana melayani pelanggan yang banyak. Oleh karena itu, tak jarang sudah disiapkan beberapa racikan yang tinggal ditambahkan dengan kuah saja agar tidak terlalu lama bisa memenuhi rasa lapar pelanggan.

Ukuran porsi Soto Pak Man

Seperti soto di sekitar Jawa Tengah lainnya, soto ini pun disajikan dalam mangkok kecil yang berisi nasi, bihun, tauge, suwiran daging ayam, potongan tomat, potongan daun bawang, dan kuah bening bercita rasa manis gurih. Jangan lupa untuk menambahkan kecap manis, sambal dan perasan jeruk nipis. Beuh, seger banget buat sarapan.

Selain menu utama berupa soto, terdapat pula beberapa makanan tambahan, mulai dari tahu bakso, tempe goreng, tahu goreng, perkedel, sate ayam, sate telur puyuh, sate ati ampela, sate usus, hingga sate kerang. Saya pun tidak bisa menahan untuk tidak mengambilnya, haha.

Untuk harganya sendiri untuk ukuran daerah Jawa Tengah memang sedikit lebih mahal. Satu porsi soto di sini harganya adalah Rp 16.000, yang mana jika soto lain umumnya ada di kisaran Rp 12.000.


Mantap sekali dan sangat patut dicoba, terutama kalian yang suka cita rasa makanan Jawa Tengah yang cenderung manis gurih. Namun, tidak bisa saya jamin jika kalian kurang suka makanan yang sedikit manis akan suka dengan soto ini ya. 

Jadi ya selamat mencoba saja.


Harga

Harga menu satu porsi di sini adalah Rp 16.000.

Lokasi

Jl. Pamularsih Raya No.32, Salamanmloyo, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50143

Jam Buka

Soto Pak Man buka setiap hari pukul 07.00 – 19.00 WIB.


๏ 14 readers

Leave a Reply