Depot Hok Lay Malang Sejak 1946

Menurut saya Malang itu mirip dengan Bandung. Dari segi lokasinya yang dikelilingi berbagai gunung sehingga membuat beberapa bagiannya menjadi daerah yang sejuk, bedanya Malang mempunyai pantai, sedangkan Bandung tidak.

Uniknya lagi di kedua kota ini juga sama-sama punya khazanah kuliner yang sangat banyak. Tidak hanya makanan berat, tapi makanan kecil yang dijajakan pun sudah banyak yang melegenda.

Salah satu yang saya kunjungi kali ini adalah Depok Hok Lay di Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 10, Klojen, Kota Malang. 

Depot Hok Lay

Hok Lay sendiri berasal dari gubahan bahasa Hokkian yang artinya Rezeki / Hoki Datanglah. 

Depot ini sudah ada sejak tahun 1946 ikut menghiasi daerah yang dekat dengan Alun-Alun Malang dan sudah dikelola oleh generasi ketiganya. Awalnya memang hanya menjual berbagai menu es, tetapi makin ke sini ada beberapa menu makanan karena permintaan pelanggannya. Bangunannya masih asli dan otentik dipertahankan hingga sekarang. Salah satu yang khas adalah adanya kursi pengunjung yang disekat-sekat. Sangat bisa menggambarkan Malang tempo dulu.

Depot Hok Lay di malam hari
Tak pernah sepi pengunjung

Saya sendiri berkunjung ke depot ini di waktu malam hari dan sudah ramai sekali tentunya, dan karena posisi sudah makan malam, akhirnya saya hanya memesan salah satu menu andalan di sini, yaitu Es Fosco.

Es Fosco

Es Fosco adalah minuman dingin yang berisi cokelat yang dicampur dengan susu sapi murni. Ketikan dirasakan akan terasa perpaduan antara manis, segar dan gurih. Penyajiannya juga unik karena menggunakan botol kaca Coca-cola. 

Tak heran jika menu minuman ini begitu fenomenal, karena selain resepnya sudah ada sejak jaman Belanda, menu seperti ini juga sangat jarang ditemukan di manapun. Harganya murah pula.

Harga satu botol Es Fosco ini hanyalah Rp 13.000 saja. Mantap kan? haha.

Menu lain yang menjadi favorit biasanya adalah Cwie Mie dan Lunpia/Lumpia. Cwie Mie adalah olahan mie khas Malang yang hampir mirip dengan mie ayam, sedangkan lumpianya khas Semarang dengan isi rebung dan wortel yang disajikan dengan saos tauco.

Harganya pun tidak terlalu mahal, satu porsi Cwie Mie adalah Rp 25.000, sedangkan satu porsi lumpia adalah Rp 20.000.

Selain 3 menu itu, masih banyak lagi menu-menu lainnya yang masih membuat penasaran.

Daftar Menu Hok Lay

Buat kalian yang ingin menimati kuliner legendaris di Depot Hoklay ini, bisa datang dari pukul 09.00 – 13.00 WIB dan pukul 17.00 – 20.30 WIB saja. Karena di luar jam itu tempat makan legendaris ini tutup. Luar biasa, legenda mah bebas ya, hahaha.


Harga

Harga menu paling mahal di sini adalah Rp 25.000.

Lokasi

Jl. KH Ahmad Dahlan No.10, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65118

Jam Buka

Hok Lay buka setiap hari pukul 09.00 – 13.00 WIB dan pukul 17.00 – 20.30 WIB, namun di hari Selasa tempat ini hanya buka dari pukul 17.00 – 20.30 WIB saja.


๏ 63 readers

Leave a Reply