Es Buah PK Sejak 1973

by:

Culinary

Nama warung Es Buah PK sudah menjadi salah satu legenda kedai es di Yogyakarta. Kedai yang sudah ada sejak tahun 1973 dan berada di trotoar Jalan Pakuningratan, Cokrodiningratan, Jetis, Jogja.

Nama PK sendiri bukanlah nama penjualnya, tetapi merupakan singkatan dari Pakuningratan. Nama jalan dimana warung ini berada. Puluhan tahun masih konsisten berjualan, sudah pasti jika kualitas dan rasanya terjamin dan ga akan pernah bohong.

Warung Es Buah PK
Warung Es Buah PK

Seperti warung legendaris lainnya, menu yang ada di sini tidak terlalu banyak. Salah satu menu utamanya ya Es Buah PK itu sendiri yang isinya terdiri dari buah nangka, cincau hitam, sawo, kelapa muda, blewah, sawo, dan alpukat yang disajikan di atas mangkuk. Setelah itu, ditambahkan dengan serutan es serta susu cokelat untuk membuat rasanya menjadi manis. Tak lupa tambahan sirup yang dibuat dengan resep sendiri.

Penyajian es buah dan bakso
Penyajian es buah dan bakso
Es Buah PK
Es Buah PK

Cita rasanya sangat khas orang Jawa sekali, atau masih bisa dikatakan pas untuk lidah orang Indonesia. Es buah manis dengan sensasi dingin yang disantap saat udara tengah panas-panasnya. Mantap sekali.

Bakso daging sapi
Bakso daging sapi

Tak hanya es, ternyata di sini juga tersedia menu bakso daging sapi. Entah sejak kapan menu tambahan ini mulai ada di warung yang sudah berpuluh-puluh tahun berjualan es ini. Bakso di sini lebih cenderung bakso bening yang berisi bakso daging sapi, tahu, mie kuning, mie putih, potongan sayuran dan bawang goreng. Yang jelas yang pesan juga ga kalah ramai. Tak sedikit yang memesan kedua menu sekaligus, yaitu bakso dan es.

Selalu ramai dengan pengunjung
Selalu ramai dengan pengunjung

Ya, pengunjung di sini selalu ramai meskipun dari segi tempat parkir pun bisa dikatakan jauh dari nyaman. Tempatnya sendiri tidak terlalu besar hanya di trotoar pinggir jalan, sehingga untuk mengakomodasi ramainya pembeli sampai disediakan tikar untuk duduk di sepanjang beberapa meter di trotoar sebelah warungnya. Bahkan kadang banyak juga pengunjung yang rela berpanas-panasan untuk menikmati hidangan dari warung ini. Luar biasa.

Dengan tingkat keramaian yang luar biasa, salah satu hal yang mencurigakan adalah masalah harga. Jangan kaget ketika membayar, karena harga menu Es Buah PK yang legendaris ini hanyalah sekitar Rp 8.000 dan bakso daging sapi sekitar Rp 10.000. Dengan membawa uang Rp 20.000 kita sudah bisa memesan paket komplit, hahaha.

Memang saya akui nikmat sekali menyantap es buah di siang hari di Kota Jogja yang cenderung panas di siang hari. Patut dicoba teman-teman!

Sekarang kuliner es buah enak ini sudah memiliki beberapa cabang. Tidak hanya di Jalan Pakuningratan, tetapi sudah ada juga di Jalan Kyai Mojo Tegalrejo dan Jalan Godean KM 9.


Harga

Harga menu di warung ini sekitar Rp 8.000 dan Rp 10.000.

Lokasi 

Jl. Pakuningratan No.76 A, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Yogyakarta 55233

Jam Buka

Kedai ini buka setiap hari dari jam 10.00 – 18.00 WIB.


→ 9 readers

2 Replies to “Es Buah PK Sejak 1973”

  1. Otidh says:

    Wah, ramai banget ya pengunjungnya.. seumur-umur sering ke Jogja, baru tahu ttg es PK ini. 😅
    Kapan-kapan coba ah..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *