Pondok Rahayu Muntilan Sejak 1989

Masih dari khazanah kuliner Muntilan. Pondok Rahayu merupakan salah satu tempat makan yang langsung jadi favorit saya setelah pertama kali mencoba makan di sini. Menu utamanya adalah ayam, bebek dan entok.

Sudah melayani pembeli sejak tahun 1989, sekarang warung ini tampil dengan nuansa yang lebih fresh, bersih dan sedikit modern. Yang dulunya hanyalah semacam warung nasi rames di pinggir jalan yang kecil, kini lokasinya sudah sangat nyaman. Tepatnya berada di Jl. Klangon No.8, Pucungrejo, Muntilan. Dekat dengan daerah Gunungpring yang lebih terkenal akan wisata religinya.

Pondok Rahayu Muntilan
Pondok Rahayu Muntilan

Warung ini merupakan salah satu warung yang cukup layak dalam mendokumentasikan kisahnya. Karena di sini terpampang dengan jelas dokumentasi dari masa ke masa perubahan wajah dari warungnya. Sangat jarang rasanya ada warung makan yang melakukannya saat ini.

Dokumentasi Pondok Rahayu Muntilan
Dokumentasi Pondok Rahayu Muntilan

Menu andalan di sini adalah ingkung goreng, baik ayam, bebek atau entok. Ayamnya ada ayam kampung dan pedaging. Olahan dagingnya semuanya empuk dan enak, tetapi yang paling juara adalah bebeknya si. Meskipun ayamnya empuk dan enak, tapi bebeknya lebih maknyus lagi karena ga kalah empuknya. Ga semua warung makan bisa bikin olahan bebek yang sangat empuk lho, beneran. Ditambah lagi dengan sambal hijau atau sambal kosek yang mantap. Wih, kelar udah hidup ini.

Porsi Nasi + Ayam Kampung + Es Teh
Porsi Nasi + Ayam Kampung + Es Teh

Warung ini menurut saya sedikit underrated ya, karena belum banyak yang memberikan review secara online. Beberapa teman saya yang orang Magelang pun masih banyak yang belum tau. Namun, jika kita berkunjung langsung ke sini, pembelinya selalu ada setiap waktu, jarang berhenti, haha. Dan kebanyakan membeli dalam satuan ekor, malah ga terlalu banyak yang makan ditempat atau beli satu atau dua bungkus. Parah emang udah si. Mantap memang kalau sudah legendaris.

Daftar Menu Pondok Rahayu
Daftar Menu Pondok Rahayu

Untuk harganya sendiri menurut saya memang sedikit di atas warung makan yang lain, tetapi dengan sensasi empuknya dijamin udah ga mikirin harga lagi si. Ini ngomongin di daerah Magelang dan sekitarnya ya, beda lagi kalau di kota besar, jangan disamakan. Satu ekor ayam biasanya ada di harga Rp 100.000 atau Rp 110.000 bisa pilih langsung digoreng atau cuma dipotong-potong, sedangkan untuk satuan porsi, harganya sekitar di Rp 20.000 masih belum termasuk nasi. Untuk minumannya ada di kisaran Rp 2.000 hingga Rp 5.000.

Untuk menuju ke sini paling enak memang dari arah Magelang, bisa menuju ke arah perempatan lampu merah antara Klangon dan Gunungpring, tinggal belok ke arah utara sedikit langsung sampai. Jika dari arah Yogyakarta harus melewati Kota Muntilan sedikit belak-belok di daerah belakang Pasar Muntilan dan baru bisa menuju ke arah Jalan Klangon, atau bisa juga melewati daerah Gunungpring hingga ketemu dengan perempatan lampu merah Klangon. 

Warungnya berwarna hijau di komplek ruko dengan area parkir yang cukup nyaman.

Bagi kalian yang pecinta bebek atau ayam kampung, saya sangat merekomendasikan tempat makan ini, parah banget enaknya soalnya. Harus banget dicoba.


Harga

Harga menu di warung ini sekitar Rp 20.000 belum termasuk nasi.

Lokasi 

Jl. Klangon No.8, Pucungrejo, Kec. Muntilan, Magelang, Jawa Tengah 56414.

Jam Buka

Warung ini buka setiap hari dari jam 09.00 – 20.00 WIB.


→ 11 readers

Related Posts

Arif Setiawan

📝 blogger ⚡software engineer — working remotely

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *