Aming Coffee merupakan salah satu kedai kopi di Pontianak yang sudah melegenda sejak tahun 1970.

Saya sendiri sebenarnya belum pernah ke Pontianak. Namun, karena kedai ini sudah membuka beberapa cabang di kota-kota di Indonesia, saya pun bisa ikut menikmatinya dengan mudah.

Kota-kota yang dimaksud adalah Jakarta, Bogor, Serpong, Yogyakarta, Solo, Sintang dan Singkawang.

Aming Coffee Sejak 1970
Aming Coffee Sejak 1970

Tentu saja saya mencoba yang ada di Yogyakarta, yang dekat dengan domisili saya tinggal sekarang. Tepatnya di Sleman City Hall. Salah satu mall terbaru yang lokasinya di depan alun-alun Kabupaten Sleman.

Aming Coffee di Sleman City Hall
Aming Coffee di Sleman City Hall

Konon Aming Coffee Pontianak berawal dari bisnis kopi bubuk yang dirintis sejak setengah abad lalu oleh Limin Wong, ayahanda pengelola kedai saat ini. Tak heran jika ketenarannya telah dikenal luas masyarakat lokal. Kedai pusatnya sekarang ada di Jalan Haji Abbas 1 no. 111 Benua Melayu Darat, Pontianak Selatan.

Selain kopi hitam, kedai ini juga menyajikan menu kopi susu, kopi Vietnam, luwak, kopi tarik, dan cappucino. Untuk menikmati kopi di sini paling pas dipadukan dengan roti srikaya, camilan khas Aming Coffee yang berupa soft roll bun dibelah dua sebelum dilapisi selai srikaya khas Pontianak. Setelah itu keduanya ditangkupkan dan dibelah kembali hingga membentuk delapan bagian.

Barista membuat kopi tarik
Barista membuat kopi tarik

Yang menarik juga dari cara pembuatannya. Bersanding dengan kasir, barista mengangkat dan menarik teko panas yang berisi ramuan kopi dengan cukup tinggi sebelum disajikan dalam sebuah gelas. Sangat menyenangkan untuk dilihat. 

Kopi Tarik
Kopi Tarik

Kopi di sini saya rasa cukup strong ya. Jadi bagi kalian yang tidak terlalu kuat lambungnya harap berhati-hati. 

Pilihan menu lain bagi kalian yang tidak terlalu suka kopi juga ada. Di sini terdapat menu teh, seperti teh tarik yang tidak kalah nikmat dari kopinya.

Untuk masalah harga, jika kalian berada di kedai aslinya saya rasa sangat murah ya, karena untuk kopi hitam hanya dibandrol sekitar Rp 10.000 saja. Namun, karena saya berkunjung ke kedai yang lokasinya di mall jadi harganya sudah di kisaran Rp 20.000 ke atas. Harga yang masih cukup ok untuk menikmati salah satu kedai kopi lokal legendaris.


Di kedai pusatnya, kedai ini juga menjual kopi bubuk, tetapi saya tidak ingat apakah yang ada di Yogyakarta juga menjualnya. Dan ternyata di beberapa e-commerce atau marketplace juga sudah banyak yang menjualnya, haha.

Sangat menarik untuk dibeli jika ingin menikmati sajian kopi khas Pontianak di rumah atau ingin membawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

Selamat mencoba ya!


Harga

Harga satu porsi kopi di kedai ini sekitar Rp 20.000.

Lokasi 

Jl. Magelang KM 9, Jl. Gito Gati No.18, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55511

Jam Buka

Kedai ini buka setiap hari menyesuaikan jam buka Sleman City Hall yaitu dari jam 10.00 – 22.00 WIB.


→ 4 readers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *