Ternyata Muntilan salah satu surganya makanan di Magelang. Salah satunya ada Soto Pak Much ini yang sudah ada sejak tahun 1942.

Dulunya saya kira Muntilan cuma terkenal akan warung mangutnya, tetapi setelah tinggal di Magelang impresi saya langsung berubah. Karena masih banyak makanan legendaris yang ada di kecamatan ini.

Yang saya tau soto ini ada 2 cabang. Lucunya namanya adalah Soto Pak Much 1 yang ada di Jalan Tambakan dan Soto Pak Much 3 yang ada di Jalan Klangon. Entah kenapa tidak ada yang 2, saya belum sempat bertanya. Yang jelas keduanya masih ada hubungan saudara.

Soto Pak Much 1
Soto Pak Much 1

Saya pernah berkunjung ke dua warung ini, tetapi jika ingin merasakan suasana yang sangat klasik saya sarankan untuk berkunjung ke warung pusatnya yang ada di Jalan Tambakan. Dari lampu merah Pasar Muntilan lurus saja ke arah utara. Sebelum ketemu perempatan, warungnya ada di sebelah kanan jalan.

Menu soto yang ditawarkan di sini juga sangat khas dan terbilang sedikit berbeda, yaitu soto segar dan bening khas Jawa Tengah ditambah dengan sayuran segar seperti kubis dan wortel. Sehingga ada sensasi kres-kres saat dimakan.

Soto Ayam Kampung
Soto Ayam Kampung

Menu utama di sini adalah soto dengan cita rasa daging, yaitu dari ayam kampung, babat iso, koyoran, daging sapi, lidah, jantung dan iga.

Selain menu utama terdapat juga menu lain seperti pecelan ayam dan pecelan sapi.

Menu pendukung lainnya ada sate ayam, sate jeroan, sate telur puyuh serta baceman tempe, tahu dan perkedel.

Untuk harganya termasuk sangat murah, karena satu porsi soto di sini hanyalah Rp 12.000 saja. Harga yang sangat tidak perlu dipikirkan untuk mendapatkan cita rasa soto yang legendaris.

Suasana di Soto Pak Much 1
Suasana di Soto Pak Much 1

Biasanya warung ini ramai ketika jam sarapan dan makan siang. Jika ingin berkunjung ke sini saya sarankan di jam nanggung atau pagi-pagi sekalian setelah subuh sehingga masih nyaman dan tidak terlalu ramai.


Harga

Harga satu porsi soto di warung ini sekitar Rp 12.000.

Lokasi 

Jl. Tambakan, Tegal Slerem, Sedayu, Kec. Muntilan, Magelang, Jawa Tengah 56413.

Jam Buka

Warung ini buka setiap hari dari jam 05.00 – 20.00 WIB.


→ 8 readers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *