Selain Es Semanggi, di Magelang masih ada juga Es Murni yang sama-sama legendaris dan umurnya hampir sama. Sudah ada sejak tahun 60-an.

Jika Es Semanggi ada sejak tahun 1960, Es Murni ini lebih junior sedikit karena ada sejak tahun 1962. Lokasinya ada di Jl. Sriwijaya No. 28, Panjang, Magelang Tengah, Kota Magelang. Tetapi saya baru sempat berkunjung ke cabangnya yang ada di Ruko Prayudan 1A Jl. Raya Magelang – Jogja, kawasan Ruko Valensia Mertoyudan.

Es Murni Magelang cabang Ruko Valensia
Es Murni Magelang cabang Ruko Valensia

Selain interiornya lebih modern, di cabangnya ini juga ada satu hal yang lebih penting, yaitu parkirnya nyaman dan luas. Jadi jika kita menggunakan mobil tidak perlu khawatir dan sangat nyaman sekali.

Tempatnya cukup nyaman
Tempatnya cukup nyaman

Salah satu kunci yang bisa membuat Es Murni ini bertahan hingga sekarang adalah karena kelezatan dan khas rasanya yang tidak pernah berubah dari dulu hingga sekarang. Menu esnya yang segar dan mempunyai cita rasa unik sangat cocok untuk mendinginkan suasana dan menghilangkan dahaga di siang hari.

Buku Menu Es Murni Magelang
Buku Menu Es Murni Magelang
Pilihan menu yang banyak
Pilihan menu yang banyak

Menu utama di sini adalah aneka es yang sangat banyak sekali pilihannya. Mulai dari aneka es spesial, aneka es campur santan, aneka es segar, aneka es burjo, aneka es plered dan masih banyak lagi. Yang paling populer adalah es telernya, es yang berisi alpukat, nangka, kelapa muda, tape ijo, dengan agar-agar yang disiram dengan es serut dan diberi susu coklat. Namun, saya mencoba untuk memesan es durian karena sudah lama juga ga makan durian, haha.

Es Cincau dan Es Durian
Es Cincau dan Es Durian

Selain aneka es yang banyak itu, ada juga menu makanan yang disajikan di sini. Umumnya adalah masakan khas Indonesia yang isinya aneka olahan nasi, aneka mie bakso dan olahan lain yang lumayan menggiurkan untuk dipesan seperti gado-gado, bistik galantine, sop iga sapi, bakso uleg, nasi bakmoy, dll.

Biasanya di meja sudah tersaji seporsi gorengan dan baceman atau aneka kue khas Kota Magelang yang siap menjadi camilan sambil menunggu pesanan utama datang. Rasa dari gorengan dan baceman ini juga cukup nikmat dan lezat sangat cocok sebagai camilan, jika tidak terlalu lapar gorengan dan baceman ini cukup pas untuk dikonsumsi.

Untuk masalah harga bisa dibilang agak lumayan mahal dibandingkan menu es di tempat lain. Karena harga es di sini sudah mirip harga di mall, apalagi untuk ukuran Kota Magelang ya. Namun, gimana lagi, mungkin karena sudah melegenda jadi berani-berani saja memasang harga yang sebagian besar di atas Rp 15.000 per porsi esnya. Toh ternyata bertahan juga hingga sekarang.

Memang lebih cocok sebagai wisata kuliner, bukan untuk konsumsi rutin, haha.


Harga

Harga menu di kedai ini rata-rata di atas Rp 15.000.

Lokasi 

Ruko Prayudan 1A Jl. Raya Magelang – Jogja, Ruko Valensia Mertoyudan, Kec. Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah 56172.

Jam Buka

Kedai ini buka setiap hari dari jam 09.00 – 17.30 WIB.


→ 84 readers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *