Muntilan memang salah satu surganya kuliner di Magelang. Sop Empal Bu Haryoko ini juga yang berkontribusi untuk surga itu. Sudah ada sejak tahun 1940, hingga sekarang dengan setia masih melayani pembeli dengan menu khasnya.

Makanan sop sendiri merupakan sebuah makanan dengan kuah sedap berisi sayuran, seperti potongan wortel, kubis, kentang, buncis, dan lain-lain. Pada dasarnya memang sangat fleksibel, tergantung siapa yang memasaknya. Namun, ada yang sedikit berbeda dengan sop empal Bu Haryoko di Muntilan ini. Di sini menawarkan menawarkan sop yang minimalis dengan tambahan empal yang empuk nan menggiurkan.

Warung ini sendiri sudah dikelola oleh 3 generasi dan tidak membuka cabang di tempat lain. Tempatnya pun masih autentik. Khas warung makan legendaris. Awalnya, warung makan ini dibuka oleh Mbah Karto yang merupakan nenek dari Bu Haryoko yang kemudian diteruskan oleh generasi kedua, yaitu Mbah Ngalim.

Sop Empal Bu Haryoko Muntilan
Sop Empal Bu Haryoko Muntilan
Warungnya masih autentik
Warungnya masih autentik

Sebagaimana para pendahulunya, yakni Mbah Karto yang merupakan neneknya dan Mbah Ngalim yang merupakan ibunya, Bu Haryoko tidak pernah mengubah cara pengolahan dan masih mempertahankan resepnya. Yang menjadikan sop empal di sini makanan yang sangat khas.


Rahasia dari sop empal yang terasa gurih dan begitu lembut di lidah ini adalah di cara pengolahannya. Karena sebenarnya secara umum bumbu-bumbunya tidak jauh berbeda dari warung kebanyakan. Di sini untuk mendapatkan tekstur daging yang empuk dan nikmat, daging yang menjadi bahan utama empal dimasak sehari sebelumnya.

Di pagi hari daging direbus selama satu hingga dua jam kemudian kuahnya disisihkan untuk kaldu sop. Kuah dari daging kemudian dimasak dan diberi bumbu hingga sore hari. Memasaknya pun konon harus menggunakan api kecil supaya daging benar-benar matang dan empuk. Keesokan harinya, daging dihangatkan kembali dengan menggunakan api kecil. 

Yang perlu ditekankan juga adalah alat memasak yang digunakan. Karena supaya bumbu-bumbunya lebih meresap sempurna, alat yang digunakan haruslah tungku yang berbahan bakar arang. Kemudian saat disuguhkan, empal ditimbang setiap porsinya, yaitu sekitar setengah ons.

Satu porsi Sop Empal Bu Haryoko
Satu porsi Sop Empal Bu Haryoko

Meskipun satu porsi di sini isinya minimalis yang terdiri dari sepiring sop bihun, daging empal dan sambal. Proses memasak yang cukup lama ini yang menjadikan sensasi rasa yang luar biasa. Wisata kuliner yang wajib dicoba jika melewati kota Muntilan.


Untuk masalah harga bisa dibilang masih terjangkau untuk makanan legendaris, karena satu porsi sop empal hanya sekitar Rp 20.000, sop bihun saja hanya Rp 5.000 dan es teh atau teh hangat manis hanyalah Rp 4.000.

Warung yang selalu penuh di jam makan
Warung yang selalu penuh di jam makan

Karena tidak buka cabang di tempat lain, maka untuk menikmati makanan ini kalian harus berkunjung ke Jalan Veteran No. 9 Muntilan, tepatnya di belakang klenteng tertua di Muntilan, yaitu Klenteng Hok An Kiong. Usahakan jangan di weekend dan jam makan siang, karena akan selalu penuh.


Harga

Harga menu di warung ini sekitar Rp 20.000.

Lokasi 

Jalan Veteran No.9, Sayangan, Muntilan, Kec. Muntilan, Magelang, Jawa Tengah 56411.

Jam Buka

Warung ini buka setiap hari dari jam 06.00 – 15.00 WIB.


→ 17 readers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *