Soto Esto Salatiga Sejak 1953

Daerah Jawa Tengah merupakan daerah yang tak bisa lepas dari yang namanya soto. Termasuk di Kota Salatiga. Di sini terdapat Soto Esto yang sudah melegenda, yang sudah berjualan sejak tahun 1953.

Kedai yang sudah melegenda seperti biasa, memang punya ciri khas tersendiri. Entah dari sisi menu makanannya atau di bagian cara penyajian dan pelayanannya. Di sini, menunya juga cuma ada satu, yaitu soto ayam.

Soto ayam yang ada di kedai yang berlokasi di Jl. Langensuko No. 4, Salatiga ini sedikit berbeda dari soto kebanyakan di Jawa Tengah. Bedanya, jika soto lain cenderung menggunakan kuah yang bening, maka Soto Esto menggunakan kuah santan yang berwarna kekuningan, seperti soto di Jawa Timur. Cita rasanya juga berbeda, soto di sini cenderung gurih namun tidak terlalu gurih, lebih mirip ke kari dengan rasa rempah yang kuat.

Soto Esto Salatiga
Soto Esto Salatiga

Satu porsi soto di sini berisi nasi dicampur dengan kuah dipadukan dengan suwiran daging ayam dan tauge, kemudian ditaburkan potongan daun seledri. Uniknya lagi adalah adanya kerupuk karak yang siap dihancurkan dan dicampurkan di lapisan paling atas yang bisa menambahkan sensasi kriuk-kriuk.

Satu porsi Soto Esto + Es Teh
Satu porsi Soto Esto + Es Teh

Bisa juga ditambahkan potongan jeruk nipis untuk kamu yang menginginkan tambahan rasa asam, atau menambahkan sambal untuk kamu yang suka dengan cita rasa pedas. 

Makan soto tak lengkap tanpa adanya tambahan lauk. Di sini pun tersedia beragam lauk sebagai pendamping soto seperti tahu goreng, tempe, bakwan, bakwan udang, hingga yang paling khas adalah sate kerang atau sate telur puyuh. Lagi-lagi sedikit berbeda dimana jika di kedai lain biasanya tersedia perkedel atau sate jeroan untuk menemani hidangan utama.

Untuk harga tentu saja sangat murah, hahaha. 

Satu porsinya hanya dikenakan biaya Rp 10.000. Harga yang sangat terjangkau di kantong. Tetapi bila soto dan nasinya terpisah, harganya akan sedikit berbeda.

Gimana? Jadi tertarik untuk ke sini ga?

Jika kalian akan berkunjung kemari harap pilih waktu yang tepat ya. Karena meskipun kedai ini buka setiap hari, tetapi hanyalah mulai pukul 06.00 hingga 13.00 WIB. Jadi cuma ada pilihan untuk sarapan, brunch hingga makan siang, tidak bisa untuk menu makan malam. 

Tempatnya pun tidak terlalu luas, sedikit nyempil di belakang Hotel Grand Wahid Salatiga. Akan sangat pas mungkin jika kalian menginap di hotel tersebut, karena cukup berjalan kaki bisa sampai ke kedai ini.


Harga

Harga satu porsi soto di kedai ini sekitar Rp 10.000.

Lokasi 

Jl. Langensuko No.4, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50711.

Jam Buka

Kedai ini buka setiap hari dari jam 06.00 – 13.00 WIB.


→ 66 readers

Related Posts

Arif Setiawan

📝 blogger ⚡software engineer — working remotely

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *