Sebagai salah satu kota tujuan wisata populer di Indonesia, Surabaya memiliki banyak pilihan wisata yang bisa dinikmati semua orang, termasuk wisata kulinernya yang dijamin bikin nagih. Tak hanya menunya yang beragam, ada banyak kuliner legendaris yang memiliki cita rasa otentik sejak pertama kali buka di Surabaya yang bisa kamu cicipi hingga kini.

Ke Surabaya dari Jakarta pun sangat mudah. Ada banyak pilihan moda transportasi yang bisa dipilih; mulai dari pesawat hingga bus. Jika kamu akan berkunjung ke Surabaya dalam waktu dekat, siap-siap lupakan diet dan jangan lupa cicipi 7 kuliner legendaris di Surabaya ini ya.

1. Rujak Cingur Ahmad Jais

Rujak Cingur Achmad Jais
Rujak Cingur Achmad Jais
(Sumber : @kulinersurabaya)

Ke Surabaya rasanya tidak lengkap tanpa mencicipi rujak cingur. Kamu bisa nih mampir ke Rujak Cingur Ahmad Jais yang berada di Jalan Achmad Jais No.40.

Di sini kamu bisa menikmati rujak cingur dengan rasa otentik, daging cingur yang melimpah yang penuh dengan petis. Meski seporsinya lumayan mahal, sekitar Rp50.000 namun soal rasa dijamin tidak akan mengecewakan.

2. Rawon Kalkulator

Rawon Kalkulator
Rawon Kalkulator
(Sumber : @amazingindonesiafood)

Nama asli warung rawon ini adalah Warung Sedap Malam, namun lebih terkenal dengan nama Rawon Kalkulator yang legendaris. Hal ini dikarenakan keunikan kasirnya yang bisa menghitung semua pesanan secara cepat meski tanpa kalkulator.

Rawon yang disajikan di warung ini memiliki cita rasa yang gurih dan daging yang empuk. Lokasinya juga sangat strategis, yaitu Sentra PKL Taman Bungkul Surabaya. Jadi kamu bisa mampir ke warung rawon ini setelah mengunjungi Taman Bungkul yang merupakan destinasi wisata menarik di Surabaya.

3. Lontong Balap Pak Gendut

Lontong Balap Pak Gendut
Lontong Balap Pak Gendut
(Sumber: @perutkenyang.hatisenang)

Lontong balap yang satu ini menggunakan bumbu dari petis yang menghasilkan cita rasa gurih yang dijamin bikin nagih. Belum lagi tambahan lentonya yang membuat rasa lontong balap ini semakin lezat.

Kuliner legendaris Surabaya yang sudah buka sejak tahun 1960-an ini bisa kamu temui di Jalan Prof. Dr. Moestopo No.11.

4. Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

Sate Klopo Ondomohen Bu Asih
Sate Klopo Ondomohen Bu Asih
(Sumber : grab.com)

Warung sate legendaris ini sayang sekali dilewatkan jika kamu berkunjung ke Surabaya. Di warung ini kamu akan menemukan menu sate yang dibakar bersama kelapa parut lalu disajikan dengan bumbu kacang dan potongan cabai dan bawang. Hasilnya? Sate dengan citarasa gurih dan unik yang bikin nagih.

Kamu bisa pilih mau sate ayam, sapi atau udang sesuai selera di warung sate yang sudah berdiri lebih dari 70 tahun ini.

5. Sego Sambel Mak Yeye

Sego Sambel Mak Yeye
Sego Sambel Mak Yeye
(Sumber : @kulinersuraboyo)

Bagi kamu yang suka makanan pedas, boleh mampir ke warung Sego Sambel Mak Yeye yang ada di daerah Jagir, Wonokromo. Menu makanan di sini tak berbeda dari warung pecel ayam lainnya, tapi yg khas dari warung ini adalah sambalnya yang sangat pedas.

Warung makan yang baru buka di pukul 10 malam ini sudah ada sejak tahun 1982 dan menawarkan variasi lauk yang banyak. Ada telur dadar, tempe, ayam goreng dan masih banyak lainnya.

6. Depot Ai Doho

Depot Ai Doho
Depot Ai Doho
(Sumber : keluyuran.com)

Tempat makan sederhana nan legendaris ini menawarkan berbagai makanan khas rumahan dengan cita rasa klasik yang selalu ramai pembeli. Ada ham telur dengan sambal penyetan, ada juga nasi campur, bandeng presto dan sup merah.

7. Es Krim Zangrandi

Kedai Es Krim Zangrandi

Jika sebelumnya makan berat, kali ini ada es krim legendaris di Surabaya yang wajib kamu cicipi. Kedai es krim yang sudah berdiri sejak tahun 1930 ini berada di Jalan Yos Sudarso dan menawarkan banyak sekali menu es krim enak dengan cita rasa klasik dan unik.

Menggunakan bahan baku alami tanpa pengawet, ada banyak sekali pilihan rasa es krim yang bisa kamu nikmati di sini. Beberapa menu favorit yang patut kamu coba adalah banana split, es krim soda dan Macedonia.

Sudah tidak sabar berkunjung ke Surabaya? Jangan lupa siapkan tiket bus dan travel Jakarta Surabaya yang bisa kamu beli online dengan mudah di Traveloka ya. Pastikan juga untuk mematuhi protokol kesehatan yang ada agar liburanmu aman dan juga nyaman.


→ 37 readers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *