Toko Nyonya Pang Muntilan Sejak 1912

Toko oleh-oleh di Muntilan yang ga pernah sepi ya Toko Nyonya Pang ini. Selain lokasinya yang sangat strategis, toko ini juga sangat legendaris. Apalagi kalau bukan eksistensinya yang sudah ada sejak tahun 1912.

Adanya toko ini juga menambah kekaguman saya kepada daerah Muntilan. Meskipun hanya sebuah kota kecamatan, tetapi khazanah kulinernya bisa melebihi Magelang sendiri.

Seperti biasa, toko yang sudah legendaris biasanya memang punya cerita tersendiri yang berkaitan dengan sejarahnya.

Toko Nyonya Pang Muntilan
Toko Nyonya Pang Muntilan

Sebenarnya pemilik pertama toko yang terkenal akan jenang dodolnya ini bukanlah Nyonya Pang, namun Nyonya Lauw Ing Tjo. Nama Nyonya Pang sendiri berasal dari nama sang mertua, yakni Ny Lauw Ki Pang.

Sekarang toko ini dikelola oleh generasi keempatnya dan masih setia melayani pelanggannya setiap hari. Bahkan jenang dodol di sini sudah menjadi salah satu ikon kota Muntilan.

Di sini memang merupakan toko oleh-oleh yang dibilang sangat lengkap. Hampir semua jajanan pasar ada di sini, tinggal dipilih. Meskipun bagi masyarakat lokal harganya sedikit lebih tinggi, tetapi memang kualitasnya agak premium dan dijamin tidak kecewa. Sudah dibuktikan dari ekistensinya yang sudah lebih dari 100 tahun berjualan. 

Toko Nyonya Pang memang mempunyai komitmen untuk terus melestarikan budaya Indonesia melalui kuliner tradisionalnya. Dan mereka percaya bahwa makanan adalah salah satu bentuk budaya yang harus terus dipertahankan turun-temurun sebagai identitas suatu bangsa. 

Setuju sekali!

Produk Original Toko Nyonya Pang
Produk Original Toko Nyonya Pang

Produk original di sini adalah dodol, wajik dan krasikan, yang tersedia dalam berbagai rasa. Wajib dicoba dan silahkan pilih yang mana yang sesuai dengan selera masing-masing. Selain itu, sangat banyak sekali pilihannya dari mulai yang basah hingga kering.

Kecap Kupat Tahu Magelang
Kecap Kupat Tahu Magelang

Salah satu yang mencuri perhatian saya adalah adanya Kecap Kupat Tahu Magelang. Wah luar biasa sekali ini, baru sekali ini saya menemukan toko oleh-oleh yang menjualnya. Kupat tahu sendiri merupakan makanan khas Magelang yang cita rasanya khas dan belum tentu ada di daerah lain yang berada jauh dari kota ini.

Souvenir Toko Nyonya Pang
Souvenir Toko Nyonya Pang

Ada juga souvenir di toko ini yang berupa sebuah totebag. Saya pun otomatis langsung ikut membelinya. Karena dengan membelinya berarti kita juga akan ikut andil dalam melestarikan budaya melalui kuliner tradisional Indonesia.

Untuk menuju ke sini saran saya harus sedikit hati-hati karena meskipun lokasinya strategis di pinggir jalan, tempat parkirnya tidak terlalu luas alias memang di pinggir jalan banget dan setelah perempatan lampu merah. Untuk waktunya juga seperti biasa, usahakan saja jam nanggung, tetapi jangan terlalu sore, karena kalau tidak ramai berarti persediaannya mulai menipis.

Selamat mencoba ya! 😀


Harga

Harga jajanan di toko ini mulai dari Rp 3.000.

Lokasi 

Jl. Pemuda No.71, Growong, Pucungrejo, Kec. Muntilan, Magelang, Jawa Tengah 56414.

Jam Buka

Toko ini buka setiap hari dari jam 07.00 – 18.00 WIB, kecuali Sabtu dan Minggu hingga jam 19.00 WIB.


→ 17 readers

Related Posts

Arif Setiawan

📝 blogger ⚡software engineer — working remotely

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *