Liburan adalah salah satu hal yang menyenangkan untuk menenangkan pikiran sejenak dari penatnya pekerjaan. Pergi liburan bersama keluarga, teman-teman, ataupun pasangan pasti terdengar sangat mengasyikkan. Namun, apakah anda pernah pergi liburan seorang diri? Solo traveling atau jalan-jalan seorang diri bisa menjadi alternatif untuk anda yang ingin pergi liburan.

Liburan sendirian terdengar sangat membosankan karena tidak ada teman yang bisa diajak berbagi selama jalan-jalan di destinasi wisata yang anda tuju. Namun, sebenarnya kegiatan ini memiliki keseruan tersendiri.

Solo traveling juga bisa melatih anda untuk hidup mandiri dan menjadi seorang yang lebih percaya diri. Ketika anda melakukan solo traveling, anda akan melakukan perjalanan seorang diri dan bergantung pada diri anda sendiri. Anda bisa bebas kemanapun anda pergi, apapun tujuan yang ingin anda lakukan di destinasi liburan anda. Namun, anda juga perlu lebih waspada untuk menjaga diri anda dan barang bawaan anda agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Terakhir Solo Traveling dari Jogja
Terakhir Solo Traveling dari Jogja

Beberapa hal perlu anda persiapkan matang-matang untuk melakukan solo traveling terutama untuk anda yang pertama kali melakukan solo traveling. Berikut ini ada beberapa tips untuk anda, simak ulasan selengkapnya!

1. Persiapkan segala akomodasi

Sebelum berangkat untuk liburan sendirian, anda perlu mempersiapkan segala akomodasi hingga lengkap. Anda perlu membeli tiket keberangkatan seperti pesawat, kereta ataupun bis, juga reservasi penginapan, dan mempersiapkan jasa travel jika anda memerlukannya disana. Pilihlah akomodasi sesuai dengan kebutuhan anda, dan cari tahu mana yang memberikan layanan terbaik agar anda puas selama berlibur nanti.

Untuk mempersiapkan akomodasi solo traveling anda, anda bisa menggunakan aplikasi Traveloka. Traveloka memberikan layanan secara lengkap untuk anda yang ingin membeli tiket keberangkatan salah satunya adalah tiket pesawat dengan berbagai maskapai sesuai selera anda, seperti Lion Air, Garuda Indonesia, Citilink Indonesia, dan lain sebagainya. Traveloka juga memberikan layanan secara online untuk reservasi penginapan, sangat praktis dan mudah maka anda tidak perlu reservasi penginapan secara mendadak.

2. Menentukan destinasi

Hal yang penting untuk dilakukan sebelum memutuskan pergi solo traveling adalah menentukan destinasi. Mengingat ini pengalaman pertama kali anda melakukan solo traveling, anda perlu melakukan riset terlebih dahulu mengenai destinasi yang anda tuju. Destinasi tempat anda berlibur harus menjadi tempat atau kota yang aman untuk dijelajahi sendirian. Jika anda belum berani mengunjungi tempat baru, anda bisa menjadikan daerah yang pernah anda kunjungi untuk dijadikan destinasi. Daerah yang familiar semisal anda sebelumnya pernah berlibur kesana. Hal ini dilakukan agar anda tidak merasa kaget dan tidak nyaman ketika mengunjungi daerah yang baru.

3. Membuat rencana perjalanan

Tips selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah membuat rencana perjalanan. Setelah anda menentukan destinasi mana yang anda tuju untuk dijadikan destinasi solo traveling, selanjutnya anda bisa melakukan riset untuk mencari tau tempat apa saja yang bisa anda kunjungi ketika berada disana. Hal ini bisa menyesuaikan dengan selera anda, misalnya anda tidak ingin mengunjungi tempat yang terlalu ramai, atau anda mungkin ingin mengunjungi wisata alam seperti pantai atau air terjun. Anda bisa membuat rencana perjalanan secara detail untuk gambaran perjalanan anda ketika melakukan solo traveling di daerah tersebut.

4. Membuat rencana pengeluaran

Selain membuat rencana perjalanan, anda juga perlu membuat rencana pengeluaran. Hal ini dilakukan untuk menghindari pemborosan ketika solo traveling. Bepergian sendirian juga perlu mengatur keuangan, karena anda perlu memegang dana cadangan untuk hal-hal yang bisa terjadi tanpa diduga. Anda perlu membuat rencana pengeluaran sesuai dengan kebutuhan anda, misalnya anda bisa membuat budget harian agar tidak terjadi pemborosan setiap harinya. Anda juga bisa membuat budget untuk penginapan, dan mencari penginapan yang harganya tidak terlalu mahal namun tetap memberikan pelayanan yang terbaik. Anda juga bisa menyewa kendaraan harian seperti motor, bisa lebih hemat dibandingkan dengan menyewa travel.

5. Hindari membawa terlalu banyak barang

Salah satu hal yang perlu anda perhatikan ketika memutuskan untuk pergi sendiri adalah barang bawaan anda. Hindari membawa terlalu banyak barang agar perjalanan anda lebih terasa nyaman. Bawa barang secukupnya saja agar anda tidak kesulitan ketika membawa barang bawaan anda ketika berada di bandara atau stasiun nanti. Buatlah pengalaman bepergian anda menjadi perjalanan yang menyenangkan, jangan sampai karena barang bawaan anda terlalu banyak anda merasa kesulitan dan tidak nyaman pada akhirnya anda akan kerepotan dengan barang bawaan anda sendiri.

6. Kondisi badan harus selalu sehat

Hal yang paling penting yang harus anda perhatikan ketika melakukan solo traveling adalah kondisi badan anda. Sebelum anda berpergian, anda harus memastikan kondisi badan anda harus dalam keadaan sehat. Selama anda melakukannya juga anda harus sedang dalam keadaan sehat. Hal ini penting karena jika anda mengalami kelelahan dan jatuh sakit selama solo traveling, anda akan kesulitan karena anda bepergian sendirian. Anda bisa rutin mengkonsumsi vitamin dan tidak lupa membawa obat-obatan pribadi. Hindari aktivitas yang berlebihan agar anda tidak mudah kelelahan.

Itu dia berbagai tips yang bisa anda lakukan ketika anda pertama kali melakukan solo traveling. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk memiliki pengalaman solo traveling? Anda bisa percayakan urusan akomodasi anda dengan menggunakan aplikasi Traveloka. Sangat mudah dan praktis, langsung saja download aplikasi Traveloka dan wujudkan rencana solo traveling anda!


→ 7 readers

About the author

📝 blogger ⚡software engineer — working remotely

Leave a Reply

Your email address will not be published.