Dari Ketinggian 33.000 Kaki

Sore ini saya melakukan perjalanan dari Bandung ke Surabaya menggunakan kapal terbang. Nah, selama perjalanan diberitahukan bahwa penerbangan dilakukan pada ketinggian 33.000 FASL (Feet Above Sea Level).

Dan selama perjalanan saya tidak bisa tidur.

Wahaha. Jangan ditanya. Ketika cuaca cerah, selama melintasi Pulau Jawa kita bisa absen satu per satu Gunung yang ada. Termasuk member 3S dan member 12 Menara Tanah Jawa.

Nih.

Gunung Slamet
Gunung Slamet

Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah dan tertinggi ke-2 di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru. Gunung dengan lereng hutan lebat dan diakhiri tanah merah di puncaknya, kelihatan kan itu? heheu.

Gunung Prau, Sindoro, Sumbing
Gunung Prau, Sindoro, Sumbing

Geser ke timur dikit, kita bisa lihat jajaran Gunung Prau (yang kecil tapi puncaknya luas), Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang saling berdekatan, yang sering disebut juga gunung kembar, karena tingginya pun hampir sama. Ketiga Gunung dengan awalan S inilah yang sering disebut kalangan pendaki sebagai 3 S (Slamet, Sindoro, Sumbing).

Gunung Merapi dan Merbabu
Gunung Merapi dan Merbabu

Geser timur dikit (sebelah kiri), bisa dilihat King Merapi yang biasanya banyak maunya dan tetangganya yang kalem, Merbabu. Dua gunung ini ada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Gunung Lawu
Gunung Lawu

Gunung terakhir yang bisa dilihat sebelum sunsetnya habis adalah Gunung Lawu, masih member 12 Menara Tanah Jawa, lokasinya di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Gimana? Manteb abis kan? Wonderful Indonesia pokoke.

Kalian harus coba penerbangan sore hari yang lewat Pulau Jawa.

๏ 407 readers

Leave a Reply