Warung Soto Bu Misdar berada di kawasan yang namanya lumayan unik, yang bernama Bancar Badhog Center. Nama ini saya percaya dibuat berdasarkan bahasa daerah yang ada di Purbalingga atau Banyumas, badhog yang artinya makan.

Meskipun sebenarnya cenderung kasar, tetapi nama ini sangat mengandung khazanah lokal sekali.

Soto Bu Misdar yang sudah ada sejak tahun 1982 ini lokasinya sangat mudah ditemukan. Berada di Jl. Letnan Ahmadi, persis di depan Kantor Pengadilan Negeri, dekat perempatan Bancar, Kota Purbalingga. Warungnya sederhana namun bersih dan cukup luas. Karena tepat di pinggir jalan, tentunya tempat parkirnya tidak terlalu luas. Untungnya bukanlah jalan utama provinsi, sehingga tidak terlalu ramai.

Soto Bu Misdar
Soto Bu Misdar

Soto yang dijual di sini tentu saja berkiblat pada Soto Sokaraja, yang mana sotonya menggunakan kecap dan bumbu kacang yang ditumbuk agak kasar dan membuat kuahnya terlihat keruh. Bagi sebagian orang, pasti merasa agak aneh, tapi begitulah adanya soto di kawasan plat R ini.

Soto Bu Misdar ini sudah terkenal sebagai soto asli Bancar yang pertama dan tidak membuka cabang di tempat lain. Kata-kata promosi yang ditawarkan oleh warung soto bu haji ini adalah “Asli, Puas, Nikmat, Mantap”.

Sesuai dengan slogannya, semangkuk soto yang disajikan di sini dibuat sedemikian royalnya hingga terlihat menggunung, berisikan irisan daun bawang, bawang goreng, ketupat, tauge, wortel, kerupuk, ditambah dengan potongan daging sapi, ayam, atau campuran daging ayam sapi, masih ada pula pilihan jeroan.

Soto Bu Misdar dan makanan pendukung
Soto Bu Misdar dan makanan pendukung

Sebagai teman makan, tentunya disajikan sepiring mendoan yang nikmat, beserta bakwan dan tahu. Tinggal pilih.

Es Campur
Es Campur

Untuk minumannya juga sangat bervariasi, ada pilihan es durian, es jeruk, es campur, aneka jus buah, es teh, es soda, dan teh hangat. Kopi hitam dan kopi susu juga ada.

Seperti warung yang melegenda lainnya, warung yang mempertahankan keramahan dan keaslian resep masakannya, kemudian diturunkan kepada penerusnya lah yang bisa menjadi warung yang bertahan lama.

Harga satu porsi soto di sini adalah sekitar Rp 20.000. Cukup mahal jika dibandingkan dengan soto lokal lainnya.

Kecap Enak Cap Gunung Muria
Kecap Enak Cap Gunung Muria

Uniknya juga, di tempat ini saya menemukan satu merk kecap lokal yang belum pernah saya temukan di daerah lain, yaitu Kecap Enak Cap Gunung Muria, yang diproduksi dari daerah Bobotsari, Purbalingga.

Selamat mencoba jika ke Purbalingga!


Harga

Harga di warung ini sekitar Rp 20.000 seporsi.

Lokasi 

Jl. Ahmadi, Bancar, Kec. Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53316.

Jam Buka

Warung ini buka setiap hari dari jam 07.00 – 20.00 WIB.


→ 2 readers

About the author

📝 blogger ⚡software engineer — working remotely

Leave a Reply

Your email address will not be published.