Menyewa mobil untuk jalan-jalan bisa jadi pilihan yang menarik saat berkunjung ke daerah baru. Banyak keuntungan yang bisa didapat, mulai dari harga keseluruhan yang relatif murah dan bisa bebas melakukan perjalanan ke mana saja tanpa harus mengandalkan orang lain.

Namun, menyewa mobil bukan urusan yang sepele. Ada banyak hal yang harus diperhatikan agar urusan bisa lancar dan nyaman tanpa diwarnai banyak drama. Untuk itu, tips menyewa mobil di bawah ini bisa menjadi acuan, yang bisa memberikanmu kemudahan dan pemahaman mengenai apa yang harus dilakukan dalam bertransaksi.

Tips Menyewa Mobil
Perjalanan dengan mobil

Bicara kemudahan, Traveloka memiliki layanan sewa mobil yang bisa dimaksimalkan. Mudahnya sewa mobil di Traveloka juga menjadi keunggulan tersendiri bagi semua orang yang membutuhkan kendaraan pribadi untuk plesiran di daerah tertentu di Indonesia. Buat kamu yang ingin melakukan perjalanan dengan mobil, tips di bawah ini bisa jadi bahan contekan.

Jangan Menyewa Mobil di Bandara

Satu hal pasti yang harus kamu lakukan adalah dengan tidak menyewa mobil saat tiba di bandara. Pasalnya, harga sewanya bisa tidak masuk akal alias mahal banget. Langkah terbaik adalah dengan memilih menggunakan angkutan umum atau taksi online atau konvensional untuk meninggalkan bandara menuju ke hotel, dan baru menyewa mobil setibanya di penginapan saat hendak mulai beraktivitas.

Aplikasi Traveloka menjadi pilihan terbaik untuk menyewa mobil. Mudahnya sewa mobil di Traveloka menjadi alasan utama memilih cara ini. Apalagi harga sewa jelas terlihat, pun demikian dengan pilihan mobil yang tersedia, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Pilih Mobil yang Sesuai dengan Kebutuhan dan Kebiasaanmu

Sebelum menyewa mobil, pastikan mengetahui kebutuhan perjalanan kamu dan jalur yang kamu tempuh. Mobil SUV tentunya lebih pas jika harus menempuh perjalanan jauh dan jalur yang tidak rata, sementara city car bisa dipilih jika aktivitas banyak dilakukan di dalam kota.

Selain itu, kamu juga bisa memilih kendaraan yang sesuai dengan kebiasaan mengemudi kamu, apakah menggunakan kendaraan dengan transmisi otomatis atau manual. Pastikan juga kelengkapan kendaraan mendukung aktivitas mengemudi kamu, seperti GPS dan sebagainya.

Baca Syarat dan Ketentuan Menyewa Mobil dengan Seksama

Jika kamu melakukan pemesanan secara online, pastikan membaca syarat dan ketentuan menyewa mobil dengan seksama. Di dalam syarat dan ketentuan tersebut biasanya terdapat hak dan kewajiban penyewa mobil, termasuk terkait ketentuan mengenai tambahan biaya yang dibebankan apabila ada kondisi-kondisi tertentu terjadi.

Tentukan Waktu Efektif Sewa Mobil

Setelah menentukan mobil yang disewa, kamu harus memastikan kapan mobil diantarkan dan mulai secara efektif untuk disewakan. Misalnya, kamu datang pada sore hari di destinasi tujuan, sementara kegiatan efektif baru dimulai pada esok pagi, maka akan jauh lebih baik bila menyewa mobil pada pagi hari ketimbang mulai menyewa mobil saat tiba, mengingat waktu kamu lebih banyak dihabiskan untuk beristirahat di penginapan.

Periksa Kondisi Mobil Secara Keseluruhan

Sebelum memastikan menyewa mobil, kamu harus memeriksa kondisi mobil, mulai dari bodi mobil, sistem keamanan dan persinyalan kendaraan, kelengkapan mobil seperti dongkrak dan ban serep serta mengecek berapa jarak perjalanan yang sudah ditempuh mobil tersebut dan jumlah bahan bakar yang tersedia. Jika semua sudah diperiksa dan disepakati sebagai kondisi awal mobil sebelum disewa, kamu bisa memastikan menyewa mobil tersebut.

Kamu juga bisa mengambil gambar atas kondisi mobil sebagai bekal kamu. Tentunya kamu tidak ingin disalahkan atas kerusakan mobil yang sudah ada sebelum peminjaman dilakukan, bukan?

Mengembalikan Mobil Seperti Kondisi Semula

Jika memungkinkan, kembalikan mobil sewaan dalam kondisi seperti sebelumnya, termasuk jumlah bahan bakar yang tersedia. Selain itu, pastikan kamu mengembalikan mobil tepat pada waktunya untuk menghindari denda atau penalti. Pastikan juga kamu meninggalkan mobil dengan semua barang bawaan dan pribadi kamu sudah tidak ada yang tertinggal di mobil.

Bersiaplah untuk Kemungkinan Terburuk

Tak ada di antara kita yang ingin kejadian buruk menimpa. Namun, persiapan tentu tetap harus dilakukan. Salah satu cara yang bisa dipilih adalah dengan membeli asuransi perjalanan atau asuransi mobil. Kamu juga bisa menyiapkan dana darurat secara khusus untuk mengatasi masalah pada kendaraan.

Persiapan lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat kesepakatan dengan perusahaan rental mengenai kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi, seperti telat mengembalikan mobil karena kemacetan dan hal-hal lainnya. Meski sudah ada dalam syarat dan ketentuan, mencapai kesepakatan khusus dengan pemilik mobil bisa meminimalkan kerugian materiil dan finansial.


Nah, sekarang sudah tahu tips yang bisa kamu ikuti, bukan? Untuk pengalaman terbaik, kamu bisa menyewa mobil di Traveloka. Mudahnya sewa mobil di Traveloka akan memberikan pengalaman yang mengesankan selama berkegiatan di destinasi perjalanan kamu!


→ 63 readers

About the author

📝 blogger ⚡software engineer — working remotely

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *