Siang ini di jejaring sosial Facebook, Pak Rinaldi Munir mengunggah status tentang Nomenklatur Program Studi bidang Psikologi, Komunikasi Komputer dan Lanskap dari DIKTI. Intinya yaitu tentang perubahan gelar yang didapat pada beberapa jenjang program pendidikan di program studi tertentu.
Dan karena saya merupakan lulusan Informatika yang notabene menjadi salah satu Program Studi yang mendapatkan bagian dari perubahan ini maka menjadikan perhatian tersendiri.
Tahun lalu, Informatika masih menyandang kata Teknik di depannya (Teknik Informatika) sehingga gelar yang didapat ketika lulus jenjang S1 menjadi Sarjana Teknik (ST), sedangkan untuk jenjang S2 menjadi Magister Teknik (MT).
Nah, dengan adanya nomenklatur ini, yang konon katanya mempunyai tujuan untuk peningkatan kualitas pendidikan tinggi dan otonomi akademik, maka program studi Informatika akan disebut Informatika saja (tanpa Teknik di depannya) dan lulusan Sarjana Informatika akan menyandang gelar S. Inf dan Magister Informatika akan menyandang gelar M. Inf.
Untuk perubahan terhadap program studi lain sebagian ada di gambar di atas, atau jika ingin versi lengkapnya ada di http://www.dikti.go.id/files/atur/SEDirjen1030-D-TNomenklatur.pdf.
Gimana pendapat kalian? Setuju? Lebih kerenan mana? heheu.
@ariffsetiawan

๏ 190 readers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *