Rumah Makan Bagelen Sejak 1979

Di Jogja, selain bandara baru YIA yang ada kesan tersendiri dengan tempat kelahiran saya, ada juga Rumah Makan Bagelen. Lokasinya ada di Jalan Magelang, dekat dengan batas Kota Yogyakarta dengan Kabupaten Sleman atau kalau sekarang ya dekat dengan Jogja City Mall.

Nama Bagelen memang sedikit istimewa bagi saya, karena saya lahir di Desa Bagelen, Kecamatan Bagelen. Salah satu daerah pinggiran dari Kabupaten Purworejo.

Rumah Makan Bagelen ini adalah rumah makan klasik yang menyajikan menu nasi rames khas Jawa Tengah. Sudah ada sejak tahun 1979 di Jalan Magelang No. 168, Yogyakarta.

Rumah Makan Bagelen
Rumah Makan Bagelen

Nuansa klasik masih dipertahankan hingga sekarang, karena interiornya pun juga tidak banyak berubah. Nuansa rumah makan dengan meja dan kursi kayu yang dindingnya dihiasi oleh kalender dan kipas angin. Yang tentu saja selalu ramai.

Menu andalan di sini adalah nasi rames. Isinya terdiri dari nasi, sayur, krecek, mie bihun, tempe, telur, dan daging. Selain itu, juga masih ada beberapa menu lain yang menarik untuk dicoba seperti empal, sop, soto, nasi goreng dan berbagai olahan jeroan lainnya, hahaha.

Nasi Rames + Empal + Sayur Asem + Es Bagelen + Es Tape
Nasi Rames + Empal + Sayur Asem + Es Bagelen + Es Tape

Saya sendiri memesan paket nasi rames, empal goreng, sayur asem dan tempe goreng yang dipadukan dengan es bagelen dan es tape. Wadaw… mantap jiwa.

Rasanya memang pas banget bagi lidah orang Jawa si, yang memang khas Jawa Tengah gimana lagi, haha. Rasa kuah dan nasi ramesnya mirip-mirip dengan cita rasa gudeg, sedangkan daging empalnya sangat empuk dan enak sekali, sayur asemnya juga sangat segar. Lebih ke surga bagi yang suka dengan masakan rumahan si tempat makan yang satu ini.

Daftar Menu Rumah Makan Bagelen
Daftar Menu Rumah Makan Bagelen

Untuk masalah harga masih standar si menurut saya. Untuk satu paket nasi rames yang menjadi andalan di sini dibandrol dengan harga Rp 20.000, empalnya sendiri adalah Rp 18.000. Jadi ya minimal memang harus membawa Rp 50.000 si, jika ingin makan di sini. Namun, harga itu saya rasa cukup sebanding dengan kenikmatan yang didapatkan.

Saran saya jika ingin makan di sini jangan ketika pas makan siang. Ya, seperti biasa, tempat makan yang sudah cukup lama seperti ini pasti akan selalu ramai diisi oleh pelanggan setianya, yang tentunya kebanyakan bukanlah anak muda. Saya sendiri pun masih ingin kembali ke sini untuk mencoba menu selain nasi ramesnya.

Tempat Parkir Rumah Makan Bagelen
Tempat Parkir Rumah Makan Bagelen

Untuk kendaraan sendiri memang lebih nyaman menggunakan motor untuk ke sini atau ke tempat makan di Jogja pada umumnya ya. Karena memang parkirnya hanyalah di pinggir jalan raya, tidak ada tempat parkir yang cukup luas di sekitar lokasi.

Selamat mencoba!


Harga

Harga satu porsi nasi rames paket di rumah makan ini Rp 20.000.

Lokasi 

Jl. Magelang No.168, Kricak, Tegalrejo, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55111.

Jam Buka

Rumah makan ini buka setiap hari dari jam 10.00 – 20.00 WIB.


→ 63 readers

Related Posts

Arif Setiawan

📝 blogger ⚡software engineer — working remotely

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *