Bagi kamu yang sedang berada di Magelang, Jawa Tengah, Kampung Ulam Ngrajek adalah salah satu resto yang barangkali perlu dicoba. Sesuai namanya, Kampung Ulam yang berarti Kampung Ikan, resto ini memiliki kolam ikan yang cukup luas. Hal itu membuat resto bergaya Jawa klasik ini memiliki suasana yang sejuk dan nyaman.

Kampung Ulam Ngrajek
Kampung Ulam Ngrajek

Lokasi resto ini berada di Desa Ngrajek, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Lokasinya bisa dijangkau cukup mudah baik dari pusat Kabupaten Magelang maupun Kota Magelang.

Jika dari Kabupaten Magelang atau Candi Borobudur, kamu bisa menyusuri jalan menuju Candi Mendut. Setelah tiba di Candi Mendut, kamu bisa berbelok ke kiri atau ke arah utara. Resto ini nanti berada di kanan jalan. Sedangkan jika dari arah Yogyakarta, setelah menemukan gerbang Candi Borobudur di daerah Palbapang yang berupa patung singa ambil arah kiri hingga pasar ikan, setelahnya akan mudah ditemukan resto ini di sebelah kiri jalan.

Di Kampung Ulam, pengunjung dapat menikmati berbagai macam hidangan khas seperti nasi rames dengan sistem prasmanan, lauknya pun bermacam-macam, dari ayam, bebek, hingga daging. Selain itu juga ada menu lain seperti, pecel, gado-gado, lalapan, dan sayur asam. Semua hidangan disajikan dengan berbagai macam sayuran segar seperti kangkung, kacang panjang, daun singkong, daun pepaya, dan masih banyak lagi. Selain itu, hidangan juga disajikan dengan berbagai jenis sambal yang pedas dan gurih.

Namun, keunikan Kampung Ulam Ngrajek ini tidak hanya terletak pada makanannya saja. Pengunjung juga dapat menikmati suasana pedesaan yang tenang dan hijau di sekitar resto. Banyak tanaman sayuran yang ditanam di sekitar kampung dan pengunjung dapat berkeliling sambil menikmati keindahan alamnya. Tidak hanya itu, di sini juga terdapat beberapa kolam ikan yang ikannya memang banyak. Bisa menjadi wahana kasih makan ikan bagi anak-anak, selain tempat bermain anak seperti perosotan dan ayunan yang juga sudah tersedia.

Kampung Ulam juga sering dijadikan tempat untuk acara-acara seperti gathering, reuni, dan arisan. Pengunjung dapat menyewa sebuah gazebo atau bale-bale tradisional yang tersedia di resto ini.

Resto ini melayani pengunjung sejak pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB. Kampung Ulam Ngrajek ini juga buka setiap hari, termasuk saat akhir pekan.

Saran saya, kalau bisa ke sini jangan pas jam makan, karena cenderung bisa penuh, lebih enak untuk brunch, jam nanggung ketika tempatnya masih sepi. Pengalaman dulu pas ke sana lebih enak lagi, karena masih di masa pandemi yang cenderung sepi. Uniknya restoran ini justru bisa naik daun bahkan ketika mulai dibuka mendekati masa-masa pandemi.

Kampung Ulam Magelang adalah tempat yang sangat cocok untuk pengunjung yang mencari suasana pedesaan yang tenang dan ingin menikmati kuliner khas Jawa Tengah. Dengan suasana yang hijau dan makanan yang lezat, Kampung Ulam adalah tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta kuliner dan wisatawan yang ingin merasakan keindahan alam Jawa Tengah. Tapi pastikan cuaca sedang mendukung ya, karena kalau sedang hujan jadinya kurang maksimal, haha.


Harga

Harga di resto ini mulai dari Rp 10.000.

Lokasi 

Jl. Raya Borobudur, Ngrajek, Kec. Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56512.

Jam Buka

Resto ini buka setiap hari dari jam 09.00-21.00 WIB.


→ 318 readers

About the author

📝 blogger ⚡software engineer — working remotely

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *