Rumah Makan Sambel Layah

Akhir tahun 2014 lalu saya sempat main di Jogja dan nginep di tempat temen di daerah Jalan Kaliurang Km 11.
Nah, dari temen itu saya baru tau kalau di Jalan Kaliurang Km 8 ada satu Rumah Makan yang cukup menarik perhatian. Namanya Rumah Makan Sambel Layah.
Trus kenapa?
Coba lihat saja daftar harga makanan di sana, untuk level rumah makan pinggir jalan seperti Jalan Kaliurang ini harga di bawah Rp 10.000 adalah termasuk dalam kategori istimewa, udah kayak harga warteg aja. Malah terkadang warteg aja udah lebih dari Rp 10.000 kan ya? haha.
Menu andalan di rumah makan ini adalah Lele Terbang yang udah sepaket sama Nasi Putih + Tempe Goreng + Sambel + Lalapan + Es Teh Manis Jumbo dan harganya adalah Rp 8.500. Mungkin ini emang yang best sellernya, hahaha. Secara anak sekolah juga mampu beli kalau ini mah.
Nah, dengan harga segitu gimana dengan rasanya?
Waduh, ga usah tanya, walaupun harganya di bawah rata-rata tapi rasanya bener-bener nglawuhi kata orang Jawa mah, bikin pengen nambah lagi, hahaha.

Lele Terbang
Oiya, kenapa menunya dinamakan Lele Terbang?
Karena ikan lelenya digoreng kering dan cara penyajiannya dengan mengiris daging lele dan dibuka ke samping hingga berbentuk seperti sayap. Inovasinya lumayan lah ya.
Selain lele, masih ada menu lainnya seperti Ayam Goreng, Udang Goreng Tepung, Babat Gongso, Cumi Goreng Tepung, dll.
Untuk sambel ada beberapa jenis sambal yang jadi andalan, yaitu sambel lombok ijo, sambel bledeg, sambel lamongan, sambel tempe, dan sambel tlenjeng.

Untuk minumannya ada es teler, soup buah, es sarang burung, es campur, es kolak stup, dan aneka jus.

Banyak kan?
Daripada bingung mending langsung nyobain sendiri ke sana, haha.
Dan kalau udah nyampe sana jangan kaget kalau parkirnya gampang, karena biasanya outlet rumah makan ini punya tempat yang luas.
Untuk Jogja sudah ada beberapa cabang, yaitu di Jl. Godean Km 5, Jl. Babarsari Condongcatur (Timur SPBU Babarsari) dan Jl. Kaliurang Km 8. Selain Jogja, masih ada beberapa kota lain juga cabangnya seperti di Purwokerto, Pekalongan, Kendal, dll.
Selamat mencoba 😀
@ariffsetiawan

๏ 2876 readers

5 thoughts on “Rumah Makan Sambel Layah”

Leave a Reply