Menyajikan menu andalan sebuah ayam goreng bacem, warung makan Ayam Goreng Bu Tini sudah bertahan lebih dari 50 tahun di Yogyakarta.

Lokasinya ada di Jl. Sultan Agung No.17, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta.

Daerah Pakualaman memang salah satu daerah yang lumayan banyak makanan-makanan legendaris di Yogyakarta, ya maklum lah ya, kan daerah yang dekat dengan lingkungan kraton juga.

Ayam Goreng Bu Tini
Ayam Goreng Bu Tini

Resep ayam goreng bacem di warung Ayam Goreng Bu Tini sudah ada secara turun temurun sejak tahun 1967, sehingga tidak berlebihan jika rasa yang disajikan merupakan jaminan mutu. Namun, lagi-lagi soal selera masing-masing, namanya juga bacem, pastinya cita rasanya gurih-manis.

Paket Porsi Ayam Goreng Bu Tini
Paket Porsi Ayam Goreng Bu Tini

Satu porsi di sini biasanya berisi paket nasi ayam goreng bacem, lalapan mentah, sambal dan minum. Saya sendiri memesan satu paket itu ditambah tempe goreng dengan sayur asem untuk menambah kesegaran.

Selain menu khas ayam goreng bacem, juga tersedia menu seperti udang, cumi dan nila. Untuk menu pendamping juga disediakan berbagai jenis sayuran, antara lain ada, ca kangkung, ca brokoli dan trancam. Sementara untuk minuman juga disediakan beragam menu seperti wedang uwuh, berbagai jus dan es buah.

Untuk masalah harga, tidak usah khawatir, karena masih di sekitar Rp 20.000 per porsinya, mirip lah sama warung pecel lele yang tendaan.

Sekarang warung Ayam Goreng Bu Tini ini sudah dikelola oleh generasi kedua. Awalnya masakan ayam goreng bacem ini dijual oleh sang Ibu di Pasar Beringharjo Yogyakarta. Konon masih pakai tenggok dibawa ke pasar. Suasananya rumahan, penataan meja kursinya pun identik dengan meja makan keluarga. Tidak mengherankan apabila penikmat ayam goreng Bu Tini ini di dominasi dengan pelanggan yang membawa rombongan atau keluarganya masing-masing. 

Sayangnya parkirannya tidak terlalu besar, jadi jika menggunakan mobil pasti akan parkir mepet di pinggir jalan. Lagi-lagi, tempat makan di jogja memang enaknya pake motor, wkwk.

Selain yang di Jalan Sultan Agung, ada juga cabangnya di daerah Lowanu yang lebih besar.


Harga

Harga menu di warung makan ini sekitar Rp 20.000.

Lokasi 

Jl. Sultan Agung No.17, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55112.

Jam Buka

Warung makan ini buka setiap hari dari jam 08.30 – 21.00 WIB.


→ 41 readers

About the author

📝 blogger ⚡software engineer — working remotely

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *