Saya ini termasuk orang yang suka jalan-jalan (kalau kata orang jawa mah muyeng-muyeng) apalagi ke tempat yang belum pernah dikunjungi. Mulai dari jalan-jalan cantik sampe yang lumayan ekstrim; seperti ngetrip sendirian dari Purworejo-Bandung PP pake Vespaย (foto di atas pas berhenti di perbatasan Jawa Barat – Jawa Tengah), atau yang terakhir bisa beresin 3S (Slamet, Sumbing, Sindoro), hehe.

Nah, dari beberapa daerah yang saya kunjungi, terutama di Pulau Jawa, ada satu hal yang selalu ada dalam benak, yaitu soal jalan provinsi yang ada.

Entah kenapa jalannya itu kurang sip, banyak lubang dan atau bergelombang, yang masuk golongan lumayan bagus itu Jawa Barat, menurut saya. Terakhir itu saya ke Sawarna lewat Cianjur – Sukabumi, kemudian Lebak. Nah, di perbatasan antara Jawa Barat – Banten ini terlihat sekali perbedaannya, yang satu halus, yang satu kayak parutan kelapa. Begitu pula yang saya rasakan dulu ketika lewat perbatasan Jawa Barat – Jawa Tengah. Yang daerah Banjar halus, yang Cilacap udah kayak jalan bekas dilewatin Kaiju.

Ini baru Pulau Jawa, gimana pulau lainnya ya? Ga kebayang.

Ada yang mau share pengalaman mungkin?

Maaf cuma bisa meracau, dan ga ngasih solusi, haha. Cuma pengen ngeluarin unek-unek aja siapa tau ada pihak yang bisa mengambil langkah nyata, sambil ngeramein #NulisRandom2015 si, haha.

เน 665 readers

2 Replies to “Jalan Provinsi di Indonesia

  1. Jalan di bali sejauh yang saya lewati mayoritas smooth banget ๐Ÿ™‚ baik di utara, timur, barat, selatan. Bahkan lebih smooth dari jawa barat. Mungkin karena pulau wisata ya. Maaf cuma bisa share itu belum pernah ke pulau lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *